Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN CITRA TUBUH, PENGETAHUAN PERILAKU MAKAN SEHAT DAN NIAT MELAKUKAN DIET PADA IBU RUMAH TANGGA YANG MENGALAMI OBESITAS DI KELURAHAN SUMBERSARI KOTA MALANG

IDA NUR FAIZAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Faizah, Ida Nur. 2013. Hubungan Citra Tubuh, Pengetahuan Perilaku Makan Sehat dan Niat Melakukan Diet pada Ibu Rumah Tangga yang Mengalami Obesitas di Kelurahan Sumbersari Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. (II) Pravissi Shanti S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: citra tubuh, pengetahuan perilaku makan sehat, niat melakukan diet, ibu rumah tangga, obesitas.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dan niat melakukan diet, hubungan pengetahuan perilaku makan sehat dan niat melakukan diet, serta hubungancitra tubuh, pengetahuan perilaku makan sehat dan niat melakukan diet pada ibu rumah tangga yang mengalami obesitas di kelurahan Sumbersarikota Malang.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Data penelitian berupa data primer dari skala dan tes prestasi yang dikembangkan oleh peneliti. Untuk mengukurvariabel citra tubuh peneliti memakai skala citra tubuh, untuk pengetahuan perilaku makan sehat menggunakan tes pengetahuan  PUGS (Pedoman Umum Gizi Seimbang), serta pada niat melakukan dietmenggunakan skala niat melakukan diet. Tiap instrumendisebarkan kepada 46 sampel ibu rumah tangga yang mengalami obesitas pada kelurahan Sumbersari RW I, RW III, dan RW V dengan tekniktryoutterpakaidisebabkan tidak adanya data statistik tertulis mengenai penderita obesitas. Sedangkan sampling insidental digunakan menentukan sampel berdasarkan kebetulan yang ditemui sesuai karakter yang ditentukan.

Karakter subjek penelitian ini adalah:berstatus ibu rumah tangga, usia 16-45 tahun, dan memiliki IMT (Indeks Masa Tubuh) diatas 30.Hasil uji validitas pada skala citra tubuhmenunjukan terdapat 19 aitem valid dari 40 aitem dengan reliabilitas 0,735. Pada tes pengetahuan PUGS menunjukan terdapat 19 aitem valid dari 39 aitemdengan reliabilitas sebesar 0,579.Danpada skala niat melakukan diet terdapat 35 aitem validdari 40 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,929.

Berdasar hasil analisa data dari penelitian ini diperoleh 6 kesimpulan: (1)  sebagian besar ibu rumah tangga memiliki citra tubuh tinggi, (2)seluruh ibu rumah tangga memiliki tingkat pengetahuan perilaku makan sehat rendah, (3) sebagian besar ibu rumah tangga memiliki tingkat niat melakukan diet tinggi, (4) ada hubungan negatif antara citra tubuh dan niat melakukan diet, (5)  ada hubungan positif antara pengetahuan perilaku makan sehat dan niat melakukan diet, (6)  ada hubungan yang cukup kuat antara citra tubuh, pengetahuan perilaku makan sehat dan niat melakukan diet pada ibu rumah tangga yang mengalami obesitas di kelurahan Sumbersarikota Malang.

Saran pada peneliti selanjutnya yang ingin membahas tentang citra tubuh, pengetahuan perilaku makan sehat dan niat melakukan diet pada ibu rumah tangga yang mengalami obesitas adalah;dapat mengembangkan alat ukur, penambahan variabel atau populasi penelitian, serta mengubah metode dalam penelitian. Disamping itu, penelitian ini dapat berupa penelitian eksperimen dengan memberikan treatment (seperti; excercise based intervention dan psychoterapeutic based program) untuk mengurangi ketidakpuasan citra tubuh, serta meningkatkan pengetahuan perilaku makan sehat pada ibu rumah tangga yang mengalami obesitas.