Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Gaya kepemimpinan dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Polisi Sektor Slahung Ponorogo

AMBARUKMA YOSI SAPUTRO

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputro, Ambarukma Yosi. 2014. Hubungan Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Polisi Polsek Slahung Ponorogo. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Moh. Irtadji, M.Si (2) Farah Farida Tantiani, M.Psi .

 

Kata kunci : gaya kepemimpinan, motivasi kerja, kinerja.

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja Polisi Sektor Slahung, serta untuk mengetahui hubungan di antara tiga variabel tersebut.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dan korelasional. Subjek atau sampel penelitian adalah Polisi Sektor Slahung dengan jumlah responden 30 Polisi. Pengumpulan data menggunakan metode skala gaya kepemimpinan, skala motivasi kerja dan skala penilaian kinerja. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis korelasi bivariate yang dikembangkan oleh pearson untuk menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan dengan kinerja serta kendall’s tau-b untuk menganalisis hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala Polisi Sektor  Slahung yang lebih berorientasi tugas dapat diterima oleh sebagian besar (63%) anggota. Motivasi kerja anggota Polisi di Sektor Slahung sebagian besar (60%) rendah dan cenderung memiliki jenis motivasi hygiene. Sedangkan sebagian besar kinerja Polisi di Sektor Slahung adalah rendah (53%).

Hubungan antara variabel gaya kepemimpinan (X1) dengan kinerja (Y) positif signifikan, dengan nilai 0,648 pada taraf signifikasi 0,000. Hubungan antara variabel motivasi kerja (X2) dengan kinerja (Y) tidak signifikan.

Kapolsek Slahung diharapkan untuk menjaga konsistensi dalam memimpin anggota dengan berorientasi tugas namun tentunya tetap mengevaluasi cara kepemimpinannya demi mempertahankan dan membuat lebih baik kerja anggotanya. Sedangkan untuk anggota Polsek Slahung diharapkan untuk meningkat motivasi kerjanya dan meningkatkan kualitas serta kuantitas kerjanya sehingga hasil kerjanya menjadi lebih baik. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan subjek penelitian yang lebih banyak diatas 30 orang Polisi dengan menambah beberapa variabel lain yang berhubungan dengan kinerja.