Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBEDAAN KEPATUHAN ANAK KUNCI DITINJAU DARIPOLA ASUH ORANG TUA

Ahadiat Rizki Muftia

Abstrak


ABSTRAK

 

Muftia, Ahadiat Rizki. 2014. Kepatuhan Anak Kunci Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Weni Utami M, Si, (2) Drs. H. Muhammad Bisri M, Si

 

Kata kunci: kepatuhan, pola asuh orang tua, anak kunci

 

Kepatuhan adalah suatu kondisi yang tercipta dan berbentuk melaui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan, dan ketertiban. Sikap atau perbuatan yang dilakukan bukan lagi atau sama sekali tidak dirasakan sebagai beban, bahkan sebaliknya akan membebani dirinya bilamana ia tidak dapat berbuat sebagaimana lazimnya.Pola asuh pada prinsipnya merupakan parental control. Pola asuh merupakan cara orangtua berinteraksi dengan anaknya, meliputi : pemberian aturan, hadiah, hukuman, dan pemberian perhatian, serta tanggapan terhadap perilaku anak.

Penelitian ini bertujuan untuk dapat digunakan sebagai referensi bagi orang tua terutama untuk mendidik anak-anaknya supaya lebih patuh meskipun kedua orang tua tersebut hampir menghabiskan seluruh waktunya di tempat kerja dan waktu bersama anak-anak mereka menjadi sangat terbatas. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat perbedaan daripola asuh yang diterapkan orang tua kepada anak kunci dalam hal kepatuhana anak tersebut.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 35 anak kunci di Gresik. Instrumen yang digunakan yaitu skala kepatuhan dan skala pola asuh orang tua. Data di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan one way anova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil perhitungan diperoleh F tabel < F hitung (4,41 < 6,422) dan signifikansi < 0,05 (sig = 0,005), maka Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan adanya perbedaan pola asuh orang tua terhadap tingkat kepatuhan anak kunci.

Berdasarkan penelitian ini diharapkan pihak orang tua, yang keduanya sama-sama bekerja dapat memberikan pola asuh yang sesuai untuk anak dan keluarga agar kepatuhan anak terhadap orang tuanya tinggi. Di samping itu, bisa dilakukan tindak lanjut bagi peneliti selanjutnya dengan penambahan metode penelitian, penambahan variabel dan populasi penelitian, serta mengembangkan penelitian ini menjadi penelitian eksperimen dengan memberikan treatment tertentu untuk meningkatkan kepatuhan anak kunci kepada kedua orang tuanya.