Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Self Esteem dan Asertivitas dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP yang Pernah Mengalami Bullying

Gladya Octa Primitasari Mudjiono

Abstrak


ABSTRAK

 

Mudjiono, Gladya Octa Primitasari. 2014. Hubungan antara Self Esteem dan Asertivitas dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VIII SMP yang Pernah Mengalami Bullying. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang; Pembimbing (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: self esteem, asertivitas, motivasi berprestasi, dan bullying.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gambaran mengenai self esteem siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (2) untuk mengetahui gambaran asertivitas siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (3) untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (4) untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (5) untuk mengetahui hubungan antara asertivitas dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying, (6) untuk mengetahui hubungan antara self esteem dan asertivitas dengan motivasi berprestasi siswa kelas VIII SMP yang pernah mengalami bullying.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dan korelasional. Subyek peneliti adalah 134 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gempol yang didapat secara insidental dengan berdasarkan pada kriteria yang pernah mengalami bullying. Pengambilan data penelitian menggunakan skala self esteem, skala asertivitas dan skala motivasi berprestasi. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan prosentase, dan dianalisis korelasi menggunakan teknik analisis parsial dan analisis ganda menggunakan regresi berganda dengan bantuan software SPSS 16.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gempol yang pernah mengalami bullying, (1) memiliki self esteem yang tinggi (2) memiliki asertivitas yang tinggi (3) memiliki motivasi berprestasi yang rendah (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara self esteem dengan motivasi berprestasi dengan nilai r = 0,670 dan p = 0, 05 (5) ada hubungan yang positif signifikan antara asertivitas dengan motivasi berprestasi dengan nilai r = 0,637 dan p = 0,000