Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kepribadian Big Five Sebagai Prediktor Dari Perilaku Pembelian Impulsif Terhadap Produk Fashion Online Pada Mahasiswi Universitas Negeri Malang

Meida Puspita Rahayu

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahayu, Meida Puspita. 2014. Kepribadian Big Five SebagaiPrediktor Dari Perilaku Pembelian Impulsif Terhadap Produk Fashion Online Pada Mahasiswi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr.Tutut Chusniyah, M.Si.(2) Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: perilaku pembelian impulsif, kepribadian big five

 

Perilaku pembelian impulsif adalah pembelian yang tidak terencana yang dikarakteristikkan dengan pembelian yang mendadak, yang diikuti dengan perasaan menyenangkan dan memuaskan. Perilaku pembelian dari masing-masing konsumen dipengaruhi oleh karakteristik perbedaan individu yaitu kepribadian. Kepribadianbig fiveadalah suatu pendekatan yang digunakan dalam psikologi untuk melihat kepribadian manusia melalui trait yang tersusun dalam lima buah domain kepribadian yang telah dibentuk dengan menggunakan analisis faktor. Big Five merupakan tampilan karakteristik kepribadian (personality trait) yang terbagi atas extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif dananalisis regresi berganda. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Malang dengan sampel penelitian sebanyak 120 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan karakteristik sampel yaitu mahasiswi yang merupakan konsumen produk fashion online. Pengumpulan data menggunakan metode skala Likert. Analisis data menggunakan teknik analisis regresibergandayang digunakan untuk mengetahui apakah kepribadian big five menjadi prediktor atau tidak dari perilaku pembelian impulsif pada produk fashion online

Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa dari 5 trait dalam kepribadian big fivehanya 3 trait saja yang memberikan pengaruh atau merupakan prediktor signifikan dari perilaku pembelian impulsif dengan nilai R Square sebesar 0,778. Dan nilai signifikansi faktor kepribadian neuroticism sebesar0,359, faktor kepribadian extraversion sebesar 0,000, faktor kepribadian opennesss sebesar 0,015, faktor kepribadian agreeableness sebesar 0,000, dan faktor kepribadian conscientiousness sebesar 0,104. Sehingga dapat disimpulkan bahwa 3 trait dalamkepribadian big five memberikan pengaruh sebesar 77,8% terhadap perilaku pembelian impulsif. Dari masing-masing faktor kepribadian big five yang menjadi prediktor signifikan adalah faktor kepribadian extraversion, openness, dan agreeableness. Sedangkan faktor kepribadian neuroticism dan conscientiousness bukan menjadi prediktor dari perilaku permbelian impulsif pada produk fashion online.

Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan pengembangan skala yang lebih baik lagi pada skala kepribadian big five maupun skala perilaku pembelian impulsif serta memberikan variasi yang lebih kompleks lagi mengenai kepribadian big five dan perilaku pembelian impulsif. Serta diadakan penelitian kembali dengan memperluas populasi dan jumlah sampel agar didapatkan hasil generalisasi yang luas serta pengukuran yang lebih akurat dan reliabel.