Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Dengan Kompetensi Interpersonal Pada Guru Di SMPN 1 Mojoagung

Nova Rahma Nugraheni

Abstrak


Konsep diri merupakan pandangan mengenai dirinya sendiri baik perilaku maupun perasaan yang dirasakannya dan juga pandangan dalam melakukan penilaian terhadap kemampuan diri sendiri. Kematangan emosi merupakan keadaan atau kondisi mencapai tingkat kedewasaan dari perkembangan emosional, artinya mampu mengendalikan emosi dengan cara berpikir yang lebih matang dan obyektif dalam memandang suatu permasalahan. Kompetensi interpersonal merupakan kemampuan dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain didalam organisasi. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif, korelasi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Mojoagung dengan sampel penelitian sebanyak 47 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan metode skala likert. Analisis data menggunakan teknik product moment untuk menguji hipotesis 1 dan 2. Teknik analisis regresi berganda untuk menguji hipotesis ketiga
Hasil penelitian untuk konsep diri guru berada dikategori sedang sebesar 49%, kematangan emosi berada dikategori sedang sebesar 38% dan kompetensi interpersonal berada dikategori rendah sebesar 41%. Untuk uji analisis hipotesi pertama sebesar 0,721 dan ada hubungan yang positif antara konsep diri dengan kompetensi interpersonal. Uji analisis hipotesis kedua sebesar 0,645 dan ada hubungan yang positif antara kematangan emosi dengan kompetensi interpersonal. Uji analisis hipotesis ketiga didapatkan R sebesar 0,520 yaitu ada pengaruh antara konsep diri dan kematangan emosi terhadap kompetensi interpersonal . Namun jika dilihat per variabel maka yang memiliki pengaruh hanya konsep diri sedangkan kematangan emosi tidak memiliki pengaruh.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memberikan variasi yang lebih kompleks lagi mengenai konsep diri, kematangan emosi dan kompetensi interpersonal. Mempertajam lagi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi interpersonal baik dari dalam maupun dari luar,serta dapat melengkapi penelitian ini dengan sampel yang lebih luas dan pengukuran yang lebih akurat.