Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Bertipe Kepribadian Introvert di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Irena Agrida Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Irena Agrida. 2014. Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Bertipe Kepribadian Introvert di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Gamma Rahmita UH., S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: efikasi diri akademik, penyesuaian diri, kepribadian introvert.

 

Adanya tipe kepribadian dapat mempengaruhi pola adaptasi seseorang di lingkungannya. Mahasiswa bertipe kepribadian introvert yang memiliki kecenderungan menutup diri dan menarik diri dari interaksi sosial apakah akan mampu menyesuaikan diri di lingkungan yang menuntut mereka untuk selalu berinteraksi dengan orang lain. Klassen (dalam Wijaya & Pratitis, 2012) menyebutkan bahwa penyesuaian diri dengan lingkungan akademik dipengaruhi oleh seberapa besar kesanggupan dan keyakinan dirinya untuk mengerjakan tugas dan peran barunya sebagai seorang pelajar di pendidikan tinggi atau disebut sebagai efikasi diri akademik.

Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat efikasi diri akademik mahasiswa bertipe kepribadian introvert, (2) tingkat penyesuaian diri mahasiswa bertipe kepribadian introvert, dan (3) hubungan antara efikasi diri akademik dan penyesuaian diri mahasiswa bertipe kepribadian introvert di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi angkatan 2011, 2012, dan 2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive, yaitu memilih mahasiswa yang bertipe kepribadian introvert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 44,26% mahasiswa bertipe kepribadian introvert memiliki efikasi diri akademik tinggi, dan sebanyak 55,74% mahasiswa bertipe kepribadian introvert memiliki efikasi diri akademik rendah. (2) sebanyak 42,62% mahasiswa bertipe kepribadian introvert memiliki penyesuaian diri baik, dan sebesar 57,38% mahasiswa bertipe kepribadian introvert memiliki penyesuaian diri buruk. (3) terdapat hubungan positif antara efikasi diri akademik dengan penyesuaian diri pada mahasiswa bertipe kepribadian introvert di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang dengan signifikansi 0,00 (p < 0,005).

Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini adalah agar mahasiswa dengan kepribadian introvert mampu meningkatkan efikasi diri akademik dan penyesuaian dirinya. Dekan Fakultas dapat memberikan kegiatan yang dapat meningkatkan efikasi diri akademik dan penyesuaian diri pada mahasiswa introvert, karena sebagian besar dari mereka memiliki efikasi diri akademik dan penyesuaian diri rendah. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan penelitian yang berkaitan dengan penyesuaian diri dan kepribadian individu dengan melihat faktor-faktor lain yang melatarbelakangi atau topik-topik lain yang terkait dengan penyesuaian diri dan tipe kepribadian.