Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Task Commitment dan Kreativitas Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi Madrasah Aliyah Negeri Di Jawa Timur

Harwanto .

Abstrak


ABSTRAK

 

Harwanto. 2014. Hubungan Antara Task Commitment dan Kreativitas Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi Madrasah Aliyah Negeri Di Jawa Timur. Skripsi,Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si., (II) Gamma Rahmita Ureka Hakim, S. Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: task commitment, kreativitas, prestasi belajar, dan siswa akselerasi Madrasah Aliyah

 

Tujuan pendidikan pada hakekatnya adalah memberikan kesempatan setiap anak didik untuk mewujudkan bakat dan kemampuan secara optimal (Munandar, 1999). Salah satu program pendidikan yang menampung siswa berbakat adalah program pendidikan akselerasi. Pendidikan akselerasi bertujuan untuk memfasilitasi siswa berbakat agar mampu mengembangkan potensi secara maksimal. Kualifikasi yang harus dipenuhi siswa untuk masuk kelas akselerasi mempertimbangkan tiga aspek yaitu inteligensi, task commitment, dan kreativitas. Task commitment dan kreativitas menurut para ahli perlu dimiliki oleh siswa akselerasi untuk menunjang prestasi belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan task commitment dan kreativitas dengan prestasi siswa akselerasi Madrasah Aliyah Negeri di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa akselerasi Madrasah Aliyah Negeri di Jawa Timur, memiliki karakteristik laki-laki dan perempuan, merupakan siswa kelas X dan rentang usia 14-17 tahun. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling purposive berjumlah 49 siswa. Instrumen yang digunakan berupa skala task commitment, tes kreativitas figural (TKF), dan nilai rapor. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis korelasional, dan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh enam kesimpulan yaitu (1) sebagian besar siswa akselerasi memiliki task commitment rata-rata; (2) sebagian besar siswa akselerasi memiliki kreativitas rata-rata; (3) sebagian besar siswa akselerasi memiliki prestasi belajar rata-rata; (4) terdapat hubungan yang signifikan antara task commitment dengan prestasi belajar siswa akselerasi (rxy = 0,530, sig 0,000 < 0,05); (5) terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar siswa akselerasi (rxy = 0,303, sig 0,034 < 0,05); dan (6) terdapat hubungan yang signifikan antara task commitment dan kreativitas dengan prestasi belajar siswa akselerasi (R = 0,954, Rsquare = 0,353 dan sig = 0,000 < 0,05).

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan siswa akselerasi untuk meningkatkan task commitment dengan cara memperkuat motivasi belajar serta meningkatkan kreativitas dengan cara mengikuti pembelajaran yang kreatif. Bagi instansi penyelenggara pendidikan akselerasi, hendaknya memberikan fasilitas kepada siswa untuk meningkatkan task commitment dan kreativitas. Masyarakat maupun pendidik perlu mempertimbangkan task commitment dan kreativitas apabila ingin memasukkan siswa berbakat dalam pendidikan akselerasi. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti faktor-faktor lain yang dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa akselerasi