Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Sense Of Humor dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama Penghuni Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Rahman Hadziq

Abstrak


ABSTRAK

 

Hadziq, Rahman. 2014. Hubungan Antara Sense Of Humor dan Konsep Diri Dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama Penghuni Asrama Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Farah Farida Tantiani, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: sense of humor, konsep diri, penyesuaian diri.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sense of humor, konsep diri dan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama penghuni asrama mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 38 orang dengan karakteristik mahasiswa yang sebelumnya belum pernah tinggal di asrama. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala sense of humor (MSHS), skala konsep diri, dan skala penyesuaian diri. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa (55,26%) memiliki sense of humor tinggi dan 44,74% mahasiswa dalam kategori rendah. Sebagian besar mahasiswa (57,89%) memiliki konsep diri negatif dan 42,11% mahasiswa lainnya memiliki konsep diri positif. Jumlah mahasiswa yang memiliki penyesuaian diri dengan kategori baik dan kategori buruk sama yaitu sebesar 50%. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara sense of humor dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun petama penghuni asrama Universitas Negeri Malang yang menghasilkan angka korelasi 0,421. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun petama penghuni asrama Universitas Negeri Malang yang menghasilkan angka korelasi 0,755. Terdapat hubungan positif antara sense of humor dan konsep diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun petama penghuni asrama Universitas Negeri Malang yang menghasilkan dengan nilai R sebesar 0,755.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dikemukakan adalah (1) Mahasiswa penghuni asrama dapat memanfaatkan kegiatan-kegiatan rutin asrama sebagai sarana untuk lebih mengenal dan mengakrabkan diri dengan sesama penghuni asrama sehingga diharapkan dengan interkasi yang lebih maka mahasiswa penghuni asrama mampu meningkatkan sense of humor mereka serta mengubah konsep dirinya lebih positif.  Dengan konsep diri yang positif ini diharapkan pula mereka mampu lebih baik lagi dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya seperti lingkungan sosial dan lingkungan kampus (2) Hasil dari penelitian ini juga diharapkan mampu menjadi bahan masukan bagi pembina asrama dalam meningkatkan keterampilan-keterampilan psikologis dan problem solving bagi mahasiswa dalam menyesuaikan diri untuk mencapai tujuan dan misi lembaga secara optimal. (3) Peneliti selanjutnya disarankan agar menambah subjek dalam cakupan yang lebih luas dan banyak agar keakuratan hasil penelitian jauh lebih baik dan maksimal.