Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kasus Pola Asuh dan Kekerasan Dalam Berpacaran Pada Mahasiswa Perempuan Kota Malang

Ingelia Purwantama

Abstrak


Kekerasan dalam relasi personal perempuan terdiri dari kekerasan fisik, kekerasan psikis, dan kekerasan secara seksual. Hal yang khas sering muncul dalam kasus kekerasan dalam pacaran adalah bahwa korban biasanya cenderung lemah dan sangat mencintai pasangannya. Perempuan yang mengalami kekerasan dalam pacaran pada umumnya menerima perlakuan kasar tersebut karena dilandasi oleh perasaan bersalah dan berharap pasangannya akan berubah pada akhirnya. Pengaruh budaya patriarki menyebabkan perempuan dididik, diasuh, dan dibesarkan dengan mengkondisikan perempuan sebagai makhluk lemah sehingga cenderung tergantung dan tidak melawan. Dalam hal ini pengasuhan dilakukan oleh keluarga dekat yaitu orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang menyebabkan perempuan rela dan pasrah ketika mendapatkan tindak kekerasan dari pasangannya dalam pengasuhan yang diberikan oleh orang tua khususnya ibu. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah mahasiswa perempuan yang sedang berpacaran dan mengalami kekerasan dalam berpacaran dengan menggunakan teknik wawancara mendalam sebagai alat pengumpul data. Validitas yang digunakan adalah validitas interpretif.
Hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa seluruh subjek mendapatkan pola asuh patriarki dengan latar belakang budaya patriarki yang dianut oleh orang tuanya. Pola asuh patriarki yang diberikan orang tua mengajarkan perempuan cenderung bersifat mengalah dan tunduk pada laki-laki. Maka dari itu dengan adanya penelitian ini diharapkan perempuan dapat mengurangi sikap penerimaan dirinya terhadap kekerasan dalam berpacaran dan mengambil sikap yang tegas terhadap kekerasan tersebut.