Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Keteppatan Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Karir Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Jombang Prodi Keahlian Teknik Bangunan dan Survey Pemetaan

Erma Edhitya

Abstrak


ABSTRAK

 

Edhitya, Erma. 2014. Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Keteppatan Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Karir Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Jombang Prodi Keahlian Teknik Bangunan dan Survey Pemetaan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Ketepatan Pengambilan Keputusan.

 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui hubungan kepercayaan diri dan ketepatan pengambilan keputusan siswa kelas X SMK Negeri 3 Jombang prodi teknik bangunan dan survey pemetaan. Kepercayaan diri merupakan suatu kepuasan baik secara lahir maupun batin atas kemampuan yang dimiliki dan mempunyai keyakinan atas kompetensi diri berdasarkan pengalaman, potensi aktualnya, prestasi serta harapan yang realistik terhadap diri sendiri dengan mengetahui segala kelebiahan dalam dirinya. Pengambilan keputusan karier merupakan suatu keterampilan atau kemampuan yang diartikan sebagai aktifitas mental dan fisik yang sistemais dan terkoordinasi yang pembentukannya melalui latihan atau kegiatan.

Jenis  penelitian  ini  adalah kuantitaif,  menggunakan  teknik  korelasi. Pendekatan kuantitatif merupakan metode penelitian yang data penelitiannya berupa angka-angka dan analisisnya menggunakan stastistik. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling class.

Hasil  penelitian  menunjukkan  korelasi  yang signifikan dalam dua variabel. Dengan hasil secara  umum  tingkat kepercayaan diri  subjek  penelitian  berada  pada kategori sedang. Yaitu dengan rincian dari delapan puluh siswa pada sampel penelitian, terdapat tiga belas siswa memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, lima puluh tiga  siswa memiliki kepercayaandiri sedang dan empat belas siswa memiliki kepercayaan diri rendah. Secara umum  tingkat ketepatan pengambilan keputusan subjek penelitian berada pada kategori sedang. Yaitu dengan rincian dari delapan puluh siswa terdapat dua puluh siswa memiliki ketepatan pengambilan keputusan tinggi, empat puluh delapan siswa memiliki ketepatan pengambilan keputusan sedang dan dua belas siswa ketepatan pengambilan keputusan rendah. Terdapat  hubungan  positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan ketepatan pengambilan keputusan pada  siswa kelas X SMK Negeri 3 Jombang program studi teknik banguna dan survey pemetaan sebesar 0,567  dengan  Nilai Sig (0,000) < α  maka H0 ditolak. Jadi hubungan kedua variabel adalah signifikan dengan kategori tingkat hubungan cukup kuat.  Dengan demikian  hipotesis  diterima,  artinya semakin  tinggi  kepercayaan diri pada  siswa  kelas  X  SMK  Negeri  3 Jombang  maka  akan  semakin  tinggi ketepatan pengambilan keputusan pada siswa tersebut.

Saran untuk peneliti selanjutnya mengembangkan  instrumen  penelitian  lebih  lanjut  dengan  mengkaji  kembali  teori-teori mengenai kepercayaan diri dan ketepatan pengambilan keputusan juga hubungan antara aspek-aspek tersebut.