Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Media Monopoli terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD

Ajeng Harlika Puspitasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspitasari, Ajeng Harlika. 2014. Efektivitas Media Monopoli terhadap Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SD. Skripsi, Jurusan Psikologi FPPsi Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing (I) Dra. Sri Weni Utami M.Si, (II) Diantini Ida Viatrie S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Media monopoli, Prestasi belajar IPS.

 

Media monopoli adalah media pembelajaran edukatif yang memiliki tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Dalam media monopoli ini, siswa diilustrasikan pergi berkeliling dunia, dan dapat singgah di berbagai negara. Siswa dapat memiliki kotak negara dengan cara membeli sertifikat kotak negara di Bank monopoli, sertifikat negara tersebut berisikan informasi tentang karakteristik negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi media monopoli dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VI SD.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest – post test design. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 22 siswa,. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tipe multiple choice dan dengan tema materi mata pelajaran IPS keadaan alam dan keadaan sosial negara tetangga, serta benua dunia. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas isi dan uji validitas belah dua split half, dan uji reliabilitas Alpha Cronbach. Analisis data untuk menggambarkan perbedaan skor antara skor sebelum diberikan treatmen dan sesudah di berikan treatmen adalah dengan uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0. 005.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media monopoli efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Peningkatan terjadi pada nilai mean sebesar 4,68. Uji efektivitas menggunakan teknik paired sample t-test didapatkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya media monopoli efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar IPS pada subjek penelitian.