Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning dengan Strategi Problem Solving dalam Materi Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa SMK PGRI 2 Kediri

Laurentia Kresna Kusuma Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Laurentia Kresna Kusuma. 2014. Efektivitas Penggunaan Metode Active Learning dengan Strategi Problem Solving dalam  Materi Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa SMK PGRI 2 Kediri. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si., (II) Diantini Ida Viatrie. S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: efektivitas,, metode active learning, strategi problem solving, materi kewirausahaan, motivasi berwirausaha.

 

Penggunaan  metode active learning dengan strategi problem solving dalam materi kewirausahaan adalah pemberian materi mengenai kewirausahaan untuk siswa SMK untuk menumbuhkembangkan motivasi berwirausaha dengan metode active learning dengan strategi problem solving.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan  metode active learning dengan strategi problem solving dalam materi kewirausahaan terhadap motivasi berwirausaha siswa SMK PGRI 2 Kediri.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan Skala MB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala MB. Kegiatan analisis data dimulai pengecekkan, penyeleksian, skoring, pengkodean dan tabulasi data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji hipotesis menggunakan formula Independent Sample t-Test. Subjek penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 2 Kediri kelas X-Pemasaran-3 dan 4.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data peningkatan mean 16,58 pada kelompok eksperimen setelah pemberian  treatmen dan peningkatan mean 11,23 pada kelompok kontrol. Hasil perhitungan uji hipotesis diketahui bahwa tingkat signifikansi 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga, disimpulkan bahwa penggunaan  metode active learning dengan strategi problem solving dalam materi kewirausahaan efektif untuk meningkatkan motivasi berwirausaha siswa SMK PGRI 2 Kediri.