Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Persepsi terhadap Keterbukaan dan Keadilan Penilaian Kinerja dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan Lippo Plaza Batu

Malinda Rosdiana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rosdiana, Malinda. 2014. Hubungan antara Persepsi terhadap Keterbukaan    dan Keadilan Penilaian Kinerja dengan Kepuasan Kerja pada Karyawan    Lippo Plaza Batu. Skripsi, Jurusan    Psikologi,    Fakultas Pendidikan    Psikologi, Universitas Negeri Malang.    Pembimbing: (I)    Dr. Moh.    Irtadji, M.Si, (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.    Psi

 

Kata kunci : persepsi terhadap keterbukaan penilaian kinerja, persepsi terhadap    keadilan penilaian kinerja dan kepuasan kerja.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pesepsi terhadap keterbukaan penilaian kinerja karyawan Lippo Plaza Batu, gambaran persepsi terhadap keadilan penilaian kinerja karyawan Lippo Plaza Batu, gambaran kepuasan kerja karyawan Lippo Plaza Batu, hubungan antara persepsi terhadap keterbukaan penilaian kinerja dengan kepuasan kerja karyawan Lippo Plaza Batu, hubungan antara persepsi keadilan penilaian kinerja karyawan Lippo Plaza Batu, dan hubungan antara persepsi keterbukaan dan keadilan penilaian kinerja karyawan Lippo Plaza Batu.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Data dikumpulkan menggunakan skala persepsi terhadap keterbukaan penilaian kinerja, skala persepsi terhadap keadilan penilaian kinerja, dan skala kepuasan kerja. Subjek dalam penelitian berjumlah 52 karyawan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif korelasional.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Persepsi terhadap keterbukaan penilaian kinerja karyawan Lippo Plaza Batu umumnya berada dalam klasifikasi rendah dengan presentase sebesar 55,77%. 2) Persepsi terhadap keadilan penilaian kinerja karyawan Lippo Plaza Batu umumnya berada dalam klasifikasi tinggi dengan presentase sebesar 53,85%. 3) Kepuasan kerja karyawan Lippo Plaza Batu umumnya berada dalam klasifikasi tinggi dengan presentase sebesar 51,92%. 4) Ada hubungan yang positif signifikan sebesar 0,762 dengan signifikansi 0,000 antara persepsi terhadap keterbukaan penilaian kinerja dengan kepuasan kerja karyawan Lippo Plaza Batu. 5) Ada hubungan yang positif signifikan sebesar 0,696 dengan signifikansi 0,000 antara persepsi terhadap keadilan penilaian kinerja dengan kepuasan kerja karyawan Lippo Plaza Batu. 6) Ada hubungan yang positif signifikan sebesar 0,790 dengan signifikansi 0,000 antara persepsi terhadap keterbukaan dan keadilan penilaian kinerja dengan kepuasan kerja pada karyawan Lippo Plaza Batu.

Berdasarkan hasil penilitian tersebut, disarankan: Supervisor harus  menjelaskan secara lebih rinci lagi dengan menggunakan bahasa yang mudah, mengenai penilaian kinerja dan peraturan-peraturan yang berlaku di perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya disarankan melaksanakan penelitian pada perusahaan dengan metode penilaian kinerja 360°agar memperoleh perspektif dari dua sudut pandang (atasan dan bawahan).