Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Tingkat Berbohong dalam Berpacaran ditinjau dari Gender Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang

Dewi Indah Prastiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Prastiwi, Dewi Indah. 2014. Perbedaan Tingkat Berbohong dalam Berpacaran ditinjau dari Gender Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si, (2)Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: tingkat berbohong, mahasiswa, gender

 

Berbohong dalam berpacaran adalah pemberian pesan yang tidak benar kepada orang lain (pasangan) tentang perasaan, prestasi (pengetahuan), tindakan (rencana), alasan (penjelasan), dan fakta dengan maksud untuk membohongi dan memberikan keuntungan bagi dirinya sendiri. kebohongan dalam berpacaran lebih sering dilakukan oleh laki-laki daripada perempuan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi tingkat berbohong dalam berpacaran mahasiswa perempuan, deskripsi tingkat berbohong dalam berpacaran mahasiswa laki-laki, serta melihat apakah ada perbedaan tingkat berbohong dalam berpacaran pada mahasiswa ditinjau dari gender nya. Penelitian kuantitatif ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah 170 mahasiswa yang berpacaran yang terdiri dari 85 mahasiswa perempuan dan 85 mahasiswa laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala berbohong dalam berpacaran dengan reliabilitas sebesar 0,906. Analisis uji beda dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik dengan rumus independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat berbohong dalam berpacaran ditinjau dari gender (p=0,000 sig.