Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ekonomi dalam Berbelanja Online

Fenny Indra Cahyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyani, Fenny Indra. 2014. Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ekonomi dalam Berbelanja Online. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Gamma Rahmita UH, S. Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : Konformitas teman sebaya, kontrol diri, perilaku konsumtif, belanja online.

 

Munculnya toko online semakin memicu perilaku konsumtif masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswi. Sebagai konsumen wanita, mahasiswi memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif. Perilaku konsumtif dalam berbelanja online dapat dipengaruhi oleh karakteristik konsumen, pengaruh lingkungan, karakteristik produk atau layanan, karakteristik sistem, dan karakteristik merchant. Salah satu pengaruh lingkungan yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi dalam berbelanja online adalah konformitas teman sebaya. Konformitas teman sebaya adalah perubahan perilaku mahasiswi untuk berperilaku tertentu yang disebabkan karena orang lain berperilaku demikian, guna menyesuaikan diri dengan kelompok acuannya. Sedangkan salah satu karakteristik konsumen yang mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswi dalam berbelanja online adalah kontrol diri. Kontrol diri adalah kemampuan seseorang untuk mengatur dan mengarahkan tingkah laku, emosi, dan dorongan-dorongan atau godaan-godaan dalam diri agar mengarahkan individu ke arah yang positif atau lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam berbelanja online.

Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi berganda. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 247 mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku konsumtif dalam berbelanja online sebanyak 33 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,914, skala konformitas yang terdiri dari 27 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,955, dan skala kontrol diri terdiri dari 27 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,890.

Hasil penelitian adalah (1) Tingkat perilaku konsumtif mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang dalam berbelanja online kategori tinggi. (2) Tingkat konformitas mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang terhadap teman sebaya kategori tinggi (3)  Tingkat kontrol diri mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang kategori rendah. (4) Konformitas teman sebaya memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online (5) Kontrol diri memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online (6) Konformitas teman sebaya dan kontrol diri secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah:1) bagi masyarakat: masyarakat termasuk mahasiswi diharapkan lebih mengendalikan perilaku konsumtifnya. 2) Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan variabel-variabel bebas lainnya.