Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Perilaku Plagiarism Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang.

Eila Andina Sanjaya

Abstrak


ABSTRAK

 

Sanjaya, Eila Andina.. 2014. Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Perilaku Plagiarism Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi,  Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi

 

Kata kunci : Perilaku Plagiarisme, self Regulated Learning

 

Plagiarisme ialah menjiplak secara keseluruhan (plagiasi total) maupun sebagian (plagiasi parsial) artikel asli dari karya tulis asing/terjemahan milik orang lain tanpa ijin maupun menerbitkan ulang karya tulis diri sendiri. Sedangkan Self Regulated Learning adalah strategi untuk mengaktivasi kognisi, motivasi, dan perilaku. Seseorang yang memiliki Self Regulated Learning atas dirinya dapat mengambil tanggung jawab terhadap kegiatan belajar diri sendiri, mengambil alih otonomi untuk mengatur dirinya, dapat mendefinisikan tujuan dan masalah-masalah yang mungkin akan dihadapinya serta mengembangkan tingkat kesempurnaan dalam mencapai tujuannya. 

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 112 dari 565 mahasiswa angkatan 2010 sampai dengan 2013 Psikologi Universitas Negeri malang dengan teknik proportional random sampling Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala perilaku plagiarisme yang terdiri dari 16 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,801, skala Self Regulated Learning terdiri dari 56 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,923. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gambaran tingkat perilaku plagiarism mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang umumnya berada dalam klasifikasi sangat rendah sebesar 53,57%. (2) Gambaran tingkat Self regulated learning mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang umumnya berada dalam klasifikasi sedang sebesar 51,78%. (3) ada pengaruh Self Regulated Learning terhadap perilaku plagiarisme mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang sebesar 14,7%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan (1) mahasiswa mempertahankan perilaku plagiarisme yang berada pada kategori sangat rendah dan meningkatkan Self Regulated Learning strategi dalam belajar agar perilaku kecurangan akademik seperti plagiarisme semakin kecil. (2) peran dosen sebagai pengajar untuk memfasilitasi mahasiswa untuk lebih meningkatkan Seflf Regulated Learning, membantu mahasiswa mengembangkan metakognisi, memberi motivasi internal maupun eksternal, dan mengevaluasi perilaku mahasiswa di dalam kelas. (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menguji variabel-variabel lain yang mempengaruhi perilaku Plagiarisme.