Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Akselerasi

Aryani Pamukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Pamukti, Aryani. 2014. Pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M.Si, Psikolog, (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi. 

 

Kata Kunci: gaya belajar, prestasi belajar, siswa akselerasi. 

 

Setiap siswa akselerasi memiliki cara-cara yang khas dan unik untuk mencapai prestasi yang membanggakan. Prestasi belajar pada sebagian besar siswa akselerasi dapat dipengaruhi oleh faktor internal, faktor eksternal, dan juga faktor pendekatan belajar. Dalam proses belajar mengajar di kelas akselerasi terjadi interaksi antara pendidik dan peserta didik. Setiap pendidik haruss mengenali gaya belajar siswanya, dan guru juga diharapkan memiliki sikap seperti gaya belajar yang dimiliki setiap siswanya. Hal ini demi terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif dan tidak ada hambatan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan pembahasan berkenaan dengan gaya belajar dan prestasi belajar pada siswa akselerasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa akselerasi, mengetahui gaya belajar siswa akselerasi, dan mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan siswa akselerasi secara lebih maksimal.

Penelitian ini menggunakan rancangan causal comperative. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa akselerasi di MAN I Malang, MAN II Ponorogo, dan MAN Lamongan sebanyak 49 siswa dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian yang berupa angka dalam penelitian ini diperoleh melalui skala gaya belajar dan dokumentasi prestasi belajar dari madrasah. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statitika deskriptif dan statistik regresi dengan menggunakan variabel dummy.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Prestasi belajar siswa akselerasi berada dalam kategori sedang sebesar 59,2%. (2) Kecenderungan gaya belajar siswa akselerasi adalah auditorial sebesar 51%. (3) Tidak ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa akselerasi.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah: (1) Bagi siswa akselerasi: diharapkan mampu belajar dengan lebih baik lagi setelah mengetahui kecendurang gaya belajar yang dimilikinya. (2) Bagi guru: diharapkan guru lebih mampu untuk meragamkan gaya mengajarnya. (3) Bagi sekolah: diharapkan untuk memfasilitasi siswa untuk dapat mengenal kecenderungan gaya belajar yang dimilikinya. (4) Bagi peneliti selanjutnya: diharapkan dapat memberikan variasi yang lebih kompleks lagi mengenai gaya belajar dan prestasi belajar.