Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Dea Satika

Abstrak


ABSTRAK

 

Satika, Dea. 2013. Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Anies Syafitri S.Psi, M.Psi Psikolog,  (II) Diantini Ida Viatrie S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: dukungan sosial teman sebaya, efikasi diri, stres dalam menyusun skripsi, mahasiswa.

 

Stres dalam menyusun skripsi adalah suatu tanggapan fisiologis maupun psikologis individu terhadap lingkungan yang menimbulkan persepsi ketakutan sehingga mengganggu fungsi emosi, proses berpikir, dan kondisi fisik yang merupakan akibat dari ketidakmampuan dalam menghadapi skripsi. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, di antaranya adalah dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri. Dukungan sosial teman sebaya adalah perhatian yang diberikan oleh teman sebaya yang berupa informasi atau nasehat verbal maupun non verbal, bantuan emosional, instrumental, dan finansial yang memberikan efek perilaku bagi pihak penerima. Efikasi diri adalah keyakinan diri individu terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas secara efektif sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa, (2) mengetahui tingkat efikasi diri pada mahasiswa, (3) mengetahui tingkat stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa, (4) mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres mahasiswa dalam menyusun skripsi, (5) mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan stres mahasiswa dalam menyusun skripsi, (6) mengetahui hubungan antara dukungan dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri terhadap stres mahasiswa dalam menyusun skripsi.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Subjek penelitian berjumlah 50 mahasiswa yang berusia 20-24 tahun. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala dukungan sosial teman sebaya, skala efikasi diri, dan skala stres dalam menyusun skripsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dan teknik analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan (1) dukungan sosial teman sebaya pada mahasiswa berada pada kategori tinggi (50%), (2) efikasi diri pada mahasiswa berada pada kategori tinggi (56%), (3) stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa berada pada kategori rendah (42%), (4) ada hubungan negatif antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres dalam menyusun skripsi, (5) ada hubungan negatif antara efikasi diri dengan stres dalam menyusun skripsi, dan (6) ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri terhadap stres dalam menyusun skripsi.

Disarankan (1) bagi mahasiswa hendaknya mempertahankan dukungan sosial teman sebaya dan efikasi diri yang dimiliki agar terhindar dari stres, (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah jumlah subjek dan memperhatikan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap stres dalam menyusun skripsi.