Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIFITAS KAMUS GAMAL SEBAGAI PENINGKAT DAYA INGAT DALAM MEMPELAJARI BAHASA MALANGAN PADA MAHASISWA LUAR SUKU JAWA DI MALANG

Badi'atul Azminah

Abstrak


ABSTRAK

 

Azminah, Badi’atul. 2013. Evektifitas Kamus Gamal sebagai Peningkat daya Ingat Dalam Mempelajari Bahasa Malangan Pada Mahasiswa Luar Suku Jawa di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi. (II) Drs. Moh. Bisri, M. Si.

 

Kata kunci: Kamus Gamal, Daya Ingat, Bahasa Malangan

 

Saat ini banyak mahasiswa dari luar suku Jawa yang belajar di Malang. Tentunya mahasiswa tersebut tidak langsung memahami bahasa di tempat baru mereka, sehingga mereka harus mempelajari bahasa setempat untuk mempermudah komunikasi.Bahasa merupakan aspekpenting bagi manusia untuk berkomunikasi agar saling memahami satu sama lain. Namun, bahasa yang ada sangatlah beragam, tergantung pada daerah, suku bangsa, dll. Bahasa daerah merupakan lambang identitas suatu daerah, sehingga ketika seseorang berada di daerah lain diharapkan mampu menguasai bahasa yang digunakan oleh lingkungan sekitarnya, sehingga meminimalisir kesalahpahaman dalam komunikasi. Untuk mempelajari bahasa kita dapat menggunakan sebuah kamus. Peneliti membuat kamus bahasa malangan dengan tujuan mengetahui efektifitas kamus gamal sebagai peningkat daya ingat dalam mempelajari bahasa malangan pada mahasiswa luar suku Jawa.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen pretest-posttestt control group design. Kelompok sampel yang digunakan adalah 13 mahasiswa dari luar suku jawa yang yang sedang menempuh masa perkuliahan, dengan batas maksimal smester 5  , dimana dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada subjek. Teka-teki dibuat berdasarkan bab yang ada pada kamus Gamal.. Kamus Gamal   yang berisi 10 bab, harus dipelajari oleh kelompok eksperimen selama 5 hari sejak pemberian pretest. Setelah 5 hari, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diberi  posttest di akhir penelitian dengan memberikan teka-teki silang yang sama untuk mengetahui peningkatan atau penurunan variabel terikat (daya ingat) setelah dilakukan penelitian.

Hasil uji Mann Withney U  pada kedua kelompok didapatkan nilai dengan signifikansi posttest sebesar 0,023. Maka dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari skor pada pretest dan posttest. Dari hasil diatas, didapatkan kesimpulan bahwa kamus gamal efektif dalam meningkatan daya ingat dalam mempelajari Bahasa Malangan.

Saran yang dapat diberikan oleh peneliti selanjutnya adalah ketika mempelajari bahasa daerah sebaiknya peneliti juga menambahkan stimulasi tambahan berupa suara, menjelaskan dialek, dan sleng (Bahasa Gaul) khas daerah, sehingga lebih menarik dan semakin mudah dipelajari.