Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dan Konformitas dengan Alkoholisme Pada Remaja Anggota Club Motor Jalu Rotom Club

Priandika Kiswanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Kiswanto, Priandika. 2012. Hubungan Antara Pola Asuh Permisif dan Komfronitas dengan Perilaku Alkoholisme Pada Anggota Club Motor Jalu Rotom Club. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si (II) Ninik Setyowati M. Si.

 

Kata kunci : pola asuh permisif, komfronitas, perilaku alkoholisme, remaja

 

Pola asuh permisif adalah pola asuh orang tua dimana orang tua memberikan peraturan yang longgar kepada anak, kebebasan yang tinggi, memiliki sikap acceptance yang tinggi namun kontrol rendah. Komfronitas adalah bentuk kecenderungan seseorang untuk menyesuaikan diri dan memberikan perhatianya kepada kelompok. Perilaku alkoholisme merupakan dorongan yang kuat untuk mengkonsumsi alkohol dan kesulitan dalam mengontrol konsumsi alkohol.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui seberapa permisif pola asuh yang diberikan pada remaja anggota club motor jalu rotom club (2) untuk mengetahui tingkat komfronitas pada remaja anggota club motor jalu rotom club (3) untuk mengetahui perilaku alkoholisme pada remaja anggota club motor jalu rotom club.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian ini dilakukan di bascamp perkumpulan club motor jalu rotom club di kabupaten Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah seluruh anggota club motor jalu rotom club yang beranggotakan 67 siswa. Dalam pengambilan  sampel, peneliti mengambil 30 anggota yang sesuai dengan karakteristik penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala pola asuh permisif dengan validitas berkisar antara 0,143-0,719, dengan realibilitas 0,934. Skala komfronitas dengan validitas berkisar -0,198-0,699 dengan realibilitas 0,916. Skala perilaku alkoholisme dengan validitas berkisar antara -0,084-0,792 dengan realibilitas 0,897. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dari Pearson.

Hasil penelitian menunjukan anggota club motor jalu rotom club (1) mendapatkan pola asuh permisif dalam kategori sedang sebanyak 16 orang atau 63% (2) memiliki tingkat komfronitas dalam kategori sedang sebanyak 22 orang atau 73 % (3) memiliki tingkat perilaku alkoholisme yang sedang sebanyak 21 orang atau 70%. Ada hubungan antara pola asuh permisif dan komfronitas dengan perilaku alkoholisme, dengan nilai r = 0,994, nilai p = 0,000 < 0,05, menunjukan bahwa variabel pola asuh permisif dan komfronitas dapat digunakan untuk memprediksi perilaku alkoholisme.

Dari hasil penelitian dapat disrankan kepada orang tua untuk lebih memperhatikan pola asuh yang diberikan. Untuk pihak perkumpulan club motor jalu rotom club agar lebih memberikan perhatian terhadap kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya. Serta peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji masalah ini menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga di dapatkan kondisi kehidupan subjek.