Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Permainan “My Kingdom” untuk Mengurangi Perilaku Agresi pada Siswa-siswi di Taman Belajar PAU untuk Mengurangi Perilaku Agresi pada Siswa-siswi di Taman Belajar PAUD Arema

Ayu Paramitha Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewi, Ayu Paramitha. 2013. Pengembangan Permainan “My Kingdom” untuk Mengurangi Perilaku Agresi pada Siswa-siswi di Taman Belajar PAUD Arema Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi. (II) Indah Yasminum Suhanti, S. Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: Perilaku Agresi Anak, Permainan My Kingdom

 

Agresivitas adalah sebuah perilaku yang hampir menjadi bagian tak terelakan di masa usia dini. Penanganan yang tepat terhadap perilaku ini dapat menghindarkan keberlanjutan Agresivitas di usia anak, remaja bahkan dewasa. Perlu diketahui juga bahwa salah satu point penting dalam aspek perkembangan sosio-emosional pada masa awal masa kanak-kanak adalah memperhalus perilaku sosialnya dan mempelajari pola perilaku baru yang lebih dapat diterima oleh kelompok teman-temannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan My Kingdom dapat mengurangi perilaku agresi anak usia dini.  Permainan dipilih sebagai sarana, karena selain menyesuaikan dengan tahapan perkembangan mereka yang merupakan usia bermain. Permainan My Kingdom merupakan permainan pura-pura yang sesuai dengan tahapan bermain anak usia 4-6 tahun.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian ekperimen dengan dengan membagi subjek menjadi dua, sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Design ekperimen penelitian ini adalah nonrandomize pretest-posttest control group design, dimana dua kelompok subjek yakni kontrol dan eksperimen masing–masing dilakukan observasi sebagai data pretest dan posttest. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa permainan My Kingdom untuk mengurangi perilaku agresi pada anak, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan perlakuan atau treatment. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Agresi Anak yang dikembangan dari teori Ormrod (2008) tentang agresi pada anak. Skala ini memiliki 36 item valid yang digunakan sebagai pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa-siswi taman belajar PAUD Arema. Subjek dibagi menjadi 2, yakni 13 siswa sebagai kelompok kontrol dan 13 siswa sebagai kelompok eksperimen.

Hasil analisis statistik yang diperoleh dari data pretest dan posttest  dengan analisis wilcoxon signed rank test dengan taraf signifikansi di atas 0,05 menunjukkan hasil pretest dan posttest  kelompok kontrol 0,056 dan pretest dan posttest  kelompok eksperimen 0,622, yang berarti keduanya tidak signifikan. Sedangkan berdasarkan hasil analisis, permainan My Kingdom tidak efektif untuk menurunkan frekuensi perilaku agresi. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil analisis Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi di atas 0,05, antara pretest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang tidak signifikan, yaitu 0,589, sedangkan antara posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen juga menunjukkan hasil  tidak signifikan, yaitu 0,315 Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk memperhatikan faktor-faktor lain pemicu perilaku agresi dan memperhatikan lamanya perlakuan agar lebih efektif.