Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Baru Psikologi UM dan Nilai Prestasi dengan Harapan Kesuksesan

Novita Agustin

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustin, Novita. 2013. Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Baru Psikologi UM terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi dan Nilai Prestasi dengan Harapan Kesuksesan. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Anies Syafitri, S.Psi, M.Psi dan (II) Ninik Setiyowati, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: persepsi terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi, nilai prestasi, harapan kesuksesan

 

Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) adalah fakultas termuda diantara fakultas-fakultas yang lain di Universitas Negeri Malang dan mahasiswa psikologi UM angkatan 2012 adalah mahasiswa angkatan pertama yang merasakan mempelajari keilmuan psikologi di bawah naungan fakultas yang independen. Persepsi mahasiswa baru psikologi UM terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi akan mempengaruhi proses pembelajaran mereka selama berada di perguruan tinggi. Apabila persepsi tersebut dikombinasikan dengan nilai prestasi yang mereka miliki sebagai pendorong atau tujuan untuk berhasil, maka kedua variabel ini akan menentukan harapan kesuksesan mahasiswa, terutama pada keyakinan mengenai seberapa baik kinerja yang akan mereka tunjukkan pada tugas selanjutnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi mahasiswa baru psikologi UM terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi dan nilai prestasi dengan harapan kesuksesan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan rancangan penelitian deskriptif korelasional serta analisis korelasi berganda (multiple correlation). Subjek penelitian adalah 36 mahasiswa baru psikologi UM, yaitu mahasiswa psikologi angkatan 2012. Skala Persepsi Mahasiswa Baru Psikologi UM terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi, Skala Nilai Prestasi, dan Skala Harapan Kesuksesan merupakan instrumen yang digunakan untuk mengukur masing-masing variabel dalam penelitian ini.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) tidak ada hubungan antara persepsi mahasiswa baru psikologi UM terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi dengan harapan kesuksesan (rxy = 0,073, sign = 0,674 > α = 0,05), (2) ada hubungan antara nilai prestasi dengan harapan kesuksesan (rxy = 0,732, sign = 0,000 < α = 0,05), dan (3) ada hubungan antara persepsi mahasiswa baru psikologi UM terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi dan nilai prestasi dengan harapan kesuksesan (R = 0,478, sign = 0,000 < α = 0,05).

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar (1) mahasiswa baru psikologi UM mempertahankan persepsi positif terhadap Fakultas Pendidikan Psikologi serta mempertahankan nilai prestasi dan harapan kesuksesan pada kategori tinggi agar termotivasi untuk berprestasi dan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi, (2) Fakultas Pendidikan Psikologi memperbaiki dan meningkatkan kualitas aspek visi misi, kurikulum, dan pendanaan dan mencari tahu pengaruh keterkaitan antar aspek terhadap penyelenggaraan pendidikan, serta (3) peneliti selanjutnya menambah metode pengumpulan data dengan memadukan observasi dan wawancara untuk memperoleh gambaran lebih dalam tentang karakteristik subjek penelitian dan menambah variabel penelitian.