Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang.

Ratih Hardianti Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Ratih Hardianti. 2013. Hubungan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si., (2) Ika Andrini Farida, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar

 

Salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah kemandirian belajar, contohnya seperti guru harus meremidi siswa ketika nilai ujian siswanya kurang dari kriteria ketuntasan yang ada. Siswa tidak mempunyai jadwal untuk belajar setiap hari di rumahnya, dengan kata lain siswa belajar hanya terpaku pada jadwal sekolah saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran serta hubungan prestasi belajar dan kemandirian belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang.

Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang, sampel sebanyak 159 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data dengan metode skala dan dokumentasi. Analisis data  menggunakan teknik analisis Korelasi Product Moment untuk menganalisa hubungan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar.

Hasil penelitian menunjukkan 110 siswa (69%) memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi, 42 siswa (27%) sedang, dan 7 siswa (4%) sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X di SMA Negeri 6 Malang telah memiliki kemandirian belajar yang tinggi. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang dengan perolehan nilai koefisien korelasi antara X dan Y sebesar 0,357 dengan probabilitas , yaitu 0,000 < 0.05.

Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan kemandirian belajarnya sehingga prestasi belajarnya juga akan meningkat yaitu: (1) Siswa diharapkan bisa menumbuhkan 3 aspek penting pada dirinya hal dalam kemandirian belajar yaitu self observation, self judgment, dan self reaction yang bertujuan agar prestasi belajarnya bisa menjadi lebih baik lagi. (2) orang tua harus lebih mendorong kemandirian belajar anaknya dengan memperhatikan prestasi belajar anaknya, selalu bertanya kepada anaknya setiap sepulang sekolah ada tugas atau ujian apa, dan lebih terbuka dengan anaknya. (3) peneliti selanjutnya diharapkan untuk melengkapi hasil penelitian yang ini perlu diadakan penelitian kembali dengan sampel yang lebih luas lagi dan pengukuran lebih akurat atau reliabel.