Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang.

Lyna Martyana

Abstrak


ABSTRAK

 

Martyana, Lyna. 2013. Hubungan Efikasi Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M. Si (II) Drs. Mohammad Bisri, M. Si

 

Kata Kunci: efikasi diri, prokrastinasi akademik, siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang.

 

Era teknologi yang serba canggih saat ini memerlukan semangat berkompetisi, kecepatan, dan keunggulan manusia dalam bidangnya masing-masing. Siswa SMA diharapkan menggunakan waktu dengan efektif sehingga efisiensi waktu menjadi sangat penting, namun sampai sekarang masih dijumpai perilaku prokrastinasi akademik yang bisa menurunkan prestasi. Oleh sebab itu perlu peningkatan akan efikasi diri siswa.

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui efikasi diri pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. (2) mengetahui prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang. (3) mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang sebanyak 90 orang yang terdiri dari 51 siswa kelas X dan 39 siswa kelas XI. Instrumen penelitian terdiri dari skala efikasi diri dan skala prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis korelasi product moment pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang memiliki efikasi diri  pada kategori sedang yaitu sebanyak 60 orang (67%) dari 90 orang subjek, sebagian besar siswa SMA Islam Diponegoro Wagir Malang memiliki prokrastinasi akademik pada kategori sedang sebanyak 56 orang (62%) dari 90 orang subjek. Selain itu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara  efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa  SMA Islam Diponegoro Wagir Malang dengan rxy= -0,547. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkat efikasi diri, maka prokrastinasi akademik akan semakin menurun, dan begitupun sebaliknya.

Berdasarkan hasil penelitian  maka disarankan: (1) Bagi siswa SMA Islam Diponegoro, mengatur, mengolah aktivitasnya, dan yakin pada kemampuan sendiri agar mampu mengerjakan tugas khususnya tugas akademik sehingga selesai pada waktunya (2) Bagi guru Bimbingan dan Konseling SMA Islam Diponegoro Wagir Malang,  mengawasi dan membimbing kegiatan siswa dalam menyelesaiakan tugas akademik serta memberikan pelatihan untuk meningkatkan efikasi diri siswa dalam format yang sesuai dengan strategi pengubahan sumber ekspektasi menurut teori Bandura (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian tentang efikasi diri dan prokrastinasi akademik dengan metode penelitian kualitatif sehingga nantinya bisa dijadikan pelengkap maupun bisa dibandingkan hasilnya.