Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS PERMAINAN SMART SNAKE-LADDER SEBAGAI STIMULASI ASPEK PERILAKU MORAL ANAK DI TAMAN BELAJAR PAUD AREMA

Diah Rahmi Kusumawardani

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusumawardani, Diah Rahmi. 2013. Efektivitas Permainan Smart Snake-Ladder sebagai Stimulasi Aspek Perilaku Moral Anak di Taman Belajar PAUD Arema. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Diyah Sulistiyorini, S.Psi., M.Psi, (II) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: permainan Smart Snake-Ladder, aspek perilaku moral

 

Perkembangan moral pada masa awal kanak-kanak masih dalam tingkat yang rendah. Hal ini disebabkan karena perkembangan intelektual anak-anak belum mencapai titik di mana ia dapat mempelajari atau menerapkan prinsip-prinsip abstrak tentang benar atau salah. Anak-anak hanya belajar bagaimana bertindak tanpa mengetahui mengapa. Peran orang tua berpengaruh bagi perkembangan moral anak. Peran orang tua ini bisa dilihat dari pola asuh orang tua dalam mendidik anak. Pola asuh yang berbeda-beda bisa menyebabkan perilaku dan trait kepribadian yang berbeda-beda pula pada anak. Bermain dapat membantu mengarahkan perkembangan kognitif anak, perkembangan bahasa anak, perkembangan psikomotorik, dan perkembangan fisik. Pengalaman bermain akan mendorong anak untuk lebih kreatif. Mulai dari perkembangan emosi, kemudian mengarah ke kreativitas bersosialisasi. Permainan Smart Snake-Ladder merupakan permainan yang dikembangkan untuk menstimulasi perkembangan aspek moral untuk anak pada periode awal kanak-kanak. Permainan ini diadaptasi dari permainan “Ular Tangga”, tetapi yang menjadi bidaknya adalah para anak-anak itu sendiri. Tata cara permainannya sama seperti permainan ular tangga pada umumnya. Hanya saja para anak nanti diberi pertanyaan sesuai angka di mana ia berdiri ketika berjalan sesuai dengan angka yang ditunjukkan dadu.

Desain ekperimen penelitian ini adalah one-group pretest-posttest design, yakni dengan menggunakan satu kelompok sampel yang diberi perlakuan namun tanpa kelompok pembanding atau kelompok kontrol. Kelompok sampel yang digunakan adalah anak yang memiliki tingkat perilaku moral rendah, dimana dilakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada subjek. Alat ukur dalam penelitian ini adalah Skala Perilaku Moral. Skala ini memiliki 26 aitem valid yang digunakan sebagai pretest dan posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah 14 anak Taman Belajar PAUD Arema yang sebelumnya telah di-screening oleh peneliti, yakni yang paling rajin hadir sekolah.

Hasil analisis statistik terhadap data yang diperoleh menunjukkan bahwa  secara statistik Smart Snake-Ladder efektif untuk menstimulasi aspek perilaku moral dengan taraf signifikansi 0.000. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keefektifan permainan Smart Snake-Ladder untuk menstimulasi aspek perkembangan perilaku moral, yaitu pemberian reinforcement, konsistensi pemberian penguatan, pengulangan pertanyaan, dan hukuman penghilangan (removal punishment). Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan Smart Snake-Ladder dapat digunakan untuk menstimulasi aspek perkembangan lainnya selain moral, yaitu kognitif, bahasa, maupun psikomotorik.