Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KESADARAN SOSIAL DENGAN INTENSI PERILAKU AGRESI PADA ANGGOTA CLUB MOTOR DI JAWA TIMUR

Aminah Nurul Agasty

Abstrak


ABSTRAK

 

Agasty, Aminah Nurul. 2013. Hubungan antara Konsep Diri dan Kesadaran Sosial dengan Intensi Perilaku Agresi pada Anggota Club Motor di Jawa Timur. skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si (2) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: Konsep Diri, Kesadaran Sosial, Intensi Perilaku Agresi

 

Intensi perilaku agresi merupakan niat seseorang untuk melakukan perilaku agresi. Setiap orang memiliki kemungkinan untuk melakukan perilaku agresi, namun dengan intensi yang berbeda-beda. Intensi perilaku agresi menjadi penting untuk diteliti karena pada masa sekarang, hampir setiap masalah melibatkan perilaku agresi. Intensi perilaku agresi dihubungkan dengan variabel lainnya, yaitu konsep diri yang merupakan pusat referensi setiap pengalaman dan kesadaran sosial yang dapat mengarahkan individu menjadi empatik dan lebih mampu menangkap sinyal-sinyal sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara: 1) konsep diri dan intensi perilaku agresi, 2) kesadaran sosial dengan intensi perilaku agresi, 3) konsep diri dan kesadaran sosial dengan intensi perilaku agresi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kesadaran sosial dengan intensi perilaku agresi. Subjek penelitian adalah 110 anggota aktif club motor satria yang berada di dalam naungan suzuki, terdaftar pada kepolisian, dan Satria Club Indonesia koordinasi wilayah Jawa Timur. Instrumen yang digunakan adalah skala, yakni skala konsep diri (α=0,928), skala kesadaran sosial (α=0,962), dan skala intensi perilaku agresi α=0,982. Pengumpulan data diambil dari pilihan jawaban subjek pada ketiga skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada hubungan antara konsep diri dan intensi perilaku agresi dengan korelasi pearson sebesar -0,976, Artinya, semakin tinggi konsep diri, maka intensi perilaku agresi semakin rendah, 2) Ada hubungan antara kesadaran sosial dan intensi perilaku agresi dengan korelasi pearson sebesar -0,973, Artinya, semakin tinggi kesadaran sosial, maka intensi perilaku agresi semakin rendah, 3) Ada hubungan antara konsep diri dan kesadaran sosial dengan intensi perilaku agresi. Berdasarkan hasil uji regresi, didapatkan hasil bahwa besarnya nilai R = 0,977 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel konsep diri, kesadaran sosial mempengaruhi variabel intensi perilaku agresi. Sumbangan efektif dalam penelitian ini adalah variabel konsep diri dengan koefisien beta sebesar -0,679.

Penelitian selanjutnya diharapkan mengambil sampel dengan karakteristik yang berbeda dengan mempertimbangkan karakter pribadi subjek serta budaya yang melatarbelakangi.