Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Motivasi Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Yang Mengikuti Ormawa Ditinjau Dari Memiliki Pengalaman Menjadi Pengurus Dan Tidak Memiliki Pengalaman Menjadi Pengurus OSIS di SMA

Faris Choirudin

Abstrak


ABSTRAK

 

Choirudin, Faris. 2013. Motivasi Mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Yang Mengikuti Ormawa Ditinjau Dari Memiliki Pengalaman Menjadi Pengurus Dan Tidak Memiliki Pengalaman Menjadi Pengurus OSIS di SMA. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed  (II) Drs. Moh. Bisri, M.Si.

 

Kata kunci: motivasi, ormawa, pengalaman, OSIS.

 

Motivasi adalah dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk menimbulkan sebuah perilaku atau tindakan untuk mencapai tujuan tertentu dan tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan dalam dirinya yang belum terpuaskan. Mengikuti ormawa adalah sebuah fenomena dalam Fakultas Pendidikan Psikologi yang masih baru berdiri. Umumnya, untuk dapat mengikuti organisasi mahasiswa tersebut tidak dituntut memiliki pengalaman khusus dibidangnya seperti pengalaman menjadi pengurus OSIS di SMA. Sebuah pengalaman yang pernah dialami seseorang di masa lalu tentu akan mempengaruhi setiap motivasi, tujuan, cita-cita, nilai hidup, kebutuhan, dan alasan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang merupakan mahasiswa aktif di ormawa dengan memiliki pengalaman dan tidak memiliki pengalaman menjadi pengurus OSIS di SMA. Peneliti menggunakan metode pengambilan data wawancara, observasi. Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dengan pendekatan intra dan inter subjek serta member check untuk mengecek keabsahan data.

Temuan dalam penelitian ini, motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi mengikuti ormawa dengan pengalaman menjadi pengurus OSIS di SMA memiliki motivasi harga diri, sedangkan mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi mengikuti ormawa yang tidak memiliki pengalaman menjadi pengurus OSIS di SMA memiliki motivasi rasa aman. Motivasi mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi yang mengikuti ormawa ditinjau dari memiliki pengalaman menjadi pengurus dan tidak memiliki pengalaman menjadi pengurus OSIS di SMA memiliki motivasi yang berbeda. Pengalaman hidup yang di alami oleh mahasiswa selain pengalaman menjadi pengurus OSIS di SMA memiliki pengaruh terhadap motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa dalam mengikuti ormawa. Adapun saran yang dapat diajukan terkait dengan temuan dalam penelitian ini adalah untuk mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi yang ingin mengikuti ormawa hendaknya menyesuaikan motivasi yang dimiliki dengan keadaan ormawa. Untuk Pembina ormawa diharapkan melakukan perencanaan sumber daya manusia kembali terutama dalam sistem perekrutan anggota. Untuk peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa diharapkan untuk mengkaji motivasi yang dimiliki juga ditinjau dari jenis kelamin mahasiswa. Penelitian dilakukan dalam konteks penelitian yang berbeda misalkan dalam dunia politik.