Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Komitmen Organisasi dan Niat Berpindah Pekerjaan (Turnover Intention) pada Karyawan Hotel di Kota Malang

Ayu Eristya Permata

Abstrak


ABSTRAK

 

Permata, Ayu Eristya. 2013. Hubungan Komitmen Organisasi dan Niat Berpindah Pekerjaan (Turnover Intention) pada Karyawan Hotel di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing  : (1) Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed., (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: komitmen organisasi, niat berpidah pekerjaan.

 

Sumber daya manusia merupakan unsur utama dalam dunia industri dan organisasi yang akan memiliki peranan penting dalam organisasi. Simamora (dalam Witasari, 2009) menjelaskan bahwa SDM dapat mempengaruhi efisiensi dan efektivitas organisasi. SDM dapat dijadikan sebagai fokus utama dalam pengembangan perusahaan, karena terkadang persoalan-persoalan dalam perusahaan muncul berkaitan dengan SDM itu sendiri. Persoalan yang seringkali terjadi adalah keinginan untuk berpindah meninggalkan pekerjaannya. Menurut Mobley (1986) keinginan untuk pindah atau beganti pekerjaan (turnover intention) merupakan sinyal awal terjadinya berganti pekerjaan pada karyawan di dalam organisasi. Turnover tersebut banyak terjadi disebabkan kurangnya komitmen pada diri karyawan terhadap organisasi. Blau and Boal (dalam Robbins, 2012) menjelaskan bahwa komitmen organisasi merupakan suatu keadaan di mana seorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui komitmen organisasi dan niat berpindah pekerjaan pada karyawan hotel di kota Malang dan hubungan antara komitmen organisasi dan niat berpindah pekerjaan pada 40 sampel penelitian yang ditentukan dengan teknik purposif sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala Komitmen Organisasi dan skala Niat Berpindah Pekerjaan. Teknik analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif yang menghasilkan rata-rata karyawan hotel di kota Malang memiliki komitmen organisasi pada kategori tinggi, sedangkan untuk niat berpindah pekerjaan pada kategori tinggi pula. Untuk teknik korelasi menggunakan rumus Product Moment dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antar komitmen organisasi dan niat berpindah pekerjaan pada karyawan hotel di kota Malang (rxy = -0,676 dan p = 0,000 < 0,05), artinya semakin tinggi komitmen organisasi karyawan maka semakin rendah niat berpindah pekerjaan yang dimiliki.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada: (1) perusahaan: sebaiknya lebih memperhatikan karier karyawannya dan melibatkan seluruh karyawan dalam usaha mencapai tujuan perusahaan, dan (2) penelitian selanjutnya: memperdalam aspek komitmen organisasi sebagi faktor yang mempengaruhi keputusan seorang karyawan melakukan tindakan berpindah pekerjaan.