Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Etika Kerja Islam Terhadap Komitmen Organisasi PNS pada Dinas Pendidikan dan Kesehatan Kota Malang

Anisya Aditya

Abstrak


ABSTRAK

 

Aditya, Anisya. 2013. Pengaruh Etika Kerja Islam terhadap Komitmen Organisasi PNS pada Dinas Pendidikan dan Kesehatan Kota Malang. Skripsi,  Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Pravissi Shanti, S. Psi., M. Psi.

 

Kata Kunci : Etika Kerja Islam, Komitmen Organisasi

 

Etika kerja Islam merupakan orientasi yang membentuk dan mempengaruhi keterlibatan dan partisipasi pekerja, yang dapat dilihat dari usaha, kompetisi, transparasi, dan tanggung jawabnya (Ali, 2001). Komitmen organisasi merupakan suatu ikatan psikologis karyawan pada organisasinya. Komitmen organisasi dapat dilihat dari komitmen afektif, komitmen berkelanjutan, dan komitmen normatif (Allen dan Meyer, 1990). Beberapa penelitian yang telah dilakukan, mengungkapkan adanya pengaruh Etika Kerja Islam terhadap komitmen organisasi. Karyawan yang menerapkan Etika Kerja Islam dalam bekerja akan menunjukkan komitmen organisasi mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Etika Kerja Islam terhadap komitmen organisasi PNS pada Dinas Pendidikan dan Kesehatan kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 43 PNS yaitu 18 PNS dari Dinas Pendidikan dan 25 PNS dari Dinas Kesehatan kota Malang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Etika Kerja Islam yang terdiri dari 26 item dengan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,887 dan skala komitmen organisasi yang terdiri dari 22 aitem dengan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0,870. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Sebanyak 7 PNS (16,28%) memiliki skor Etika Kerja Islam yang tinggi, 30 PNS (69,77%) masuk dalam kategori sedang, dan 6 PNS (13,95%) masuk dalam kategori rendah untuk Etika Kerja Islam. (2) Sebanyak 3 PNS (6,98%) memiliki skor tinggi pada komitmen organisasi, 31 PNS (72,09%) memiliki komitmen organisasi yang cukup, dan 9 PNS (20,93%) memiliki komitmen organisasi yang rendah. (3)Uji hipotesis menyimpulkan Etika Kerja Islam berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi (sig. 0,00 < 0,05) dan pengaruh Etika Kerja Islam terhadap komitmen organisasi PNS pada Dinas Pendidikan dan Kesehatan kota Malang cukup besar yaitu 50,9% (R square= 0,509). Hal ini dapat diartikan bahwa PNS yang menerapkan Etika Kerja Islam dalam bekerja akan memunculkan komitmen organisasi mereka.

Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah (1) bagi karyawan: agar lebih meningkatkan penerapan Etika Kerja Islam dalam bekerja, (2) bagi dinas Pendidikan dan Kesehatan: agar mendukung penerapan Etika Kerja Islam dalam diri PNS sehingga dapat lebih meningkatkan komitmen organisasi PNS.