Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kepuasan Kerja Intrinsik dan Kepuasan Kerja Ekstrinsik terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan

Eka Sagita Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Eka Sagita. 2013. Pengaruh Kepuasan Kerja Intrinsik dan Kepuasan Kerja Ekstrinsik terhadap Organizational Citizenship Behavior Pada Karyawan . Skripsi,  Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Tutut Chusniyah, M.Si., (II) Diantini Ida Viatrie S. Psi,M. Psi.

 

Kata Kunci : Organizational Citizenship Behavior, Kepuasan Kerja

 

Organizational Citizenship Behavior merupakan tingkah laku perseorangan yang tidak wajib, secara tidak langsung atau secara eksplisit diakui oleh sistim reward, dan memberi kontribusi pada keefektifan dan kefisienan fungsi sebuah organisasi. Selain itu, sebagai perilaku dan sikap OCB merupakan sesuatu bersifat yang menguntungkan organisasi yang tidak dapat ditumbuhkan dengan basis kewajiban peran formal maupun dalam bentuk kontrak atau rekompensasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja intrinsik dan ekstrinsik terhadap OCB pada karyawan. Sampel yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 41 karyawan di PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepuasan kerja intrinsik yang terdiri dari 39 aitem dengan reliabilitas sebesar 0,906, skala kepuasan kerja ekstrinsik terdiri dari 29 aitem reliabilitas sebesar 0,898, dan skala OCB sebanyak 23 aitem reliabilitas sebesar 0,842. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan metode regresi berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Tingkat kepuasan kerja intrinsik yang dimiliki oleh karyawan di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. berada dalam kategori sedang sebesar 68%. 2)Tingkat kepuasan kerja ekstrinsik yang dimiliki oleh karyawan di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. berada dalam kategori sedang sebesar 73%. (3) Organizational Citizenship Behavior yang dimiliki oleh karyawan di PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk. berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 86%. (4)Kepuasan kerja intrinsik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB. (5) Kepuasan kerja ekstrinsik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB. (6) Kepuasan kerja intrinsik dan kepuasan kerja ekstrinsik secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap OCB.

Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah:1) bagi karyawan: agar meningkatkan kesadaran dalam melindungi organisasinya dan loyalitas terhadap perusahaan. 2) bagi perusahaan : agar perusahaan dituntut untuk menjaga stabilitas dan hubungan baik agar tetap seimbang dengan karyawan.