Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perbedaan Loyalitas Merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua pada Konsumen Kelas Ekonomi Atas dan Kelas Ekonomi Bawah di Kota Malang

HASTANTRI DWI PUTRANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Putranti, Hastantri Dwi. 2013. Perbedaan Loyalitas Merek Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua pada Konsumen Kelas Ekonomi Atas dan Kelas Ekonomi Bawah di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si.,M.Ed., (II) Pravissi Shanti, S.Psi., M.Psi.

 

Kata Kunci: loyalitas merek, konsumen kelas ekonomi atas, konsumen kelas ekonomi bawah.

 

Pada kondisi persaingan global, loyalitas merek pada suatu produk sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan. Upaya mempertahankan loyalitas merek merupakan strategi yang lebih efektif dibandingkan dengan upaya menarik pelanggan baru. Persoalan merek menjadi salah satu persoalan yang harus dipantau secara terus-menerus oleh setiap perusahaan. Merek-merek yang kuat, teruji, dan bernilai tinggi terbukti tidak hanya sukses mengalahkan rasional tetapi juga canggih mengalahkan sisi-sisi emosional konsumen. Loyalitas merek adalah sejauh mana seseorang konsumen menunjukkan sikap positif, mempunyai komitmen, dan berniat untuk terus membeli merek produk di masa depan. Karena pentingnya peran konsumen, perlu diperhatikan juga bahwa secara umum terdapat konsumen ekonomi atas dan konsumen ekonomi bawah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan komparatif dengan sampel berjumlah 30 orang konsumen kelas ekonomi atas, dan 30 orang konsumen kelas ekonomi bawah yang ditentukan dengan teknik purposif sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini dengan menggunakan Skala Loyalitas Merek dan dengan teknik analisis Independent Sample t-test.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan konsumen ekonomi bawah memiliki loyalitas merek tinggi, di mana terdapat 83,3% subjek yang berada di klasifikasi tinggi dan konsumen ekonomi atas memiliki loyalitas merek rendah, di mana terdapat 70 % subjek yang berada di klasifikasi rendah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara loyalitas merek AMDK Aqua pada konsumen ekonomi atas dan ekonomi bawah (0.000 < 0,05).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan kepada: (1) konsumen, memilih suatu merek produk dengan cermat, (2) perusahaan, mempunyai strategi marketing yang berbeda pada setiap kelas ekonomi dan mendekatkan merek produk pada konsumen, (3) penelitian selanjutnya, memperdalam aspek loyalitas merek dan memperluas subjek penelitian.