Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan antara kohesivitas kelompok dan motivasi kerja karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata

Muniroh .

Abstrak


ABSTRAK

 

Muniroh. 2013. Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok dan Motivasi Kerja Karyawan BRI Kantor Cabang Malang Martadinata. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed. (II) Diantini Ida Viatrie, S.Psi, M.Si.

 

Kata Kunci: kohesivitas kelompok, motivasi kerja.

 

Karyawan dipandang sebagai sumber daya yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian khusus, karena karyawan adalah sebagai salah satu penunjang suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Motivasi kerja adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi kearah tujuan organisasi, yang dikondisikan oleh kemampuan upaya itu untuk memenuhi suatu kebutuhan individual. Dalam dunia industri dan organisasi karyawan dituntut untuk dapat bekerja dalam tim, dan untuk kelancaran kerja tim itu sendiri tidak terlepas dari adanya kohesivitas terhadap kelompok. Kohesivitas kelompok adalah tingkat dimana para anggota kelompok saling tertarik satu sama lain dan termotivasi untuk tetap tinggal di dalam kelompok tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan korelasional dengan sampel berjumlah 34 karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala kohesivitas kelompok dan skala motivasi kerja. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis product moment Pearson.

Hasil deskriptif menunjukkan bahwa karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata mempunyai kohesivitas kelompok yang rendah, hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif dengan menggunakan skor-T. Sedangkan untuk motivasi kerja karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata mempunyai motivasi kerja yang rendah, hal ini dilihat dari hasil analisis deskriptif dengan menggunakan skor-T. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi kerja pada karyawan BRI kantor cabang Malang Martadinata (= 0,775 dan p= 0,000 < 0,05), artinya semakin tinggi kohesivitas kelompok maka semakin tinggi pula motivasi kerja yang dimiliki dan sebaliknya, semakin rendah kohesivitas kelompok maka semakin rendah pula motivasi kerja.

Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada: (1) karyawan: lebih mempererat hubungan antar karyawan, (2) perusahaan: memberikan team building training, menerapkan brainstorming, dan melakukan recruitment karyawan sesuai kemampuan, (3) penelitian selanjutnya: dapat membahas variabel lain yang berhubungan dengan motivasi kerja, selain  kohesivitas kelompok.