Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK A LAB. UM KOTA BLITAR

WIDHADIRANE TRIARDHILA Kurniasari NOVITANINGRUM

Abstrak


ABSTRAK

 

Novitaningrum, Widhadirane Triardhila Kurniasari. 2013. Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak TK A Lab. UM kota Blitar. Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si., (II) Ika Andrini Farida, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: perilaku prososial, bermain peran

 

Berdasarkan fenomena yang terjadi saat ini, dengan banyaknya anak yang kurang peduli dengan teman, anaknya yang dipukul teman sekolahnya dan anak yang suka merebut barang yang dipegang temannya. Namun dengan banyaknya perilaku prososial yang kurang kepada anak yang tidak mau berbagi dengan teman dan suka merebut barang yang dipegang temannya. Bukan hal yang aneh ketika melihat balita suka merebut mainan milik teman. Karena mereka mengenal konsep kepemilikan, meskipun mempunyai mainan yang mirip atau bahkan sama, tapi mereka selalu ingin memiliki apa yang sedang dinikmati oleh orang lain.

Penelitian ini merupakan penelitian experimental yang bertujuan untuk mengetahui apakah metode bermain peran dapat meningkatkan perilaku prososial anak. Rancangan penelitian ini adalah uji komparatif dengan one group pretest-postest design populasi penelitian ini adalah siswa TK yang memiliki perilaku prososial kurang di TK Lab UM kota Blitar sejumlah 17 subjek.

Teknik analisis data untuk mengetahui peningkatan perilaku prososial yaitu dengan menggunakan nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil yang diperoleh yaitu: perilaku sebelum: 63,41 dan perilaku sesudah 67,52, yang ada peningkatan 3,14 % dengan Zhitung sebesar -2.460 dengan nilai signifikansi sebesar 0.014. dan dengan diketahui nilai Ztabel untuk 􀄮 = 0.05 adalah sebesar 1.960. dari sini dapat diketahui bahwa bahwa |Zhitung| sebesar 2.460 lebih besar daripada Ztabel sebesar 1.960, selain itu nilai signifikansi dari uji Wilcoxon sebesar 0.014 lebih kecil daripada 􀄮 (0.05)

Sesuai hasil penelitian dapat disarankan: (1) Agar guru dan orang tua menggunakan metode bermain peran dengan panduan buku permain peran untuk meningkatkan perilaku prososial anak. (2) Peneliti selanjutnya disarankan untuk memperpanjang waktu pemberian kegiatan bermain peran. (3) Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah cerita yang berkaitan dengan perilaku prososial. (4) Peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih mengontrol variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil penelitian, sehingga didapatkan hasil yang optimal dari penelitian.