Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Konflik Peran Ganda dan Penilaian Diri Tentang Produktivitas Kerja terhadap Stres Kerja pada Wanita Karir

FIRDAUSI NUZULA

Abstrak


ABSTRAK

 

Nuzula, Firdausi. 2013. Hubungan antara Konflik Peran Ganda dan Penilaian Diri Tentang Produktivitas Kerja terhadap Stres Kerja pada Wanita Karir. Skripsi,  Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Anies Syafitri, S.Psi.,M.Psi. Psikolog dan (2) Indah Y Suhanti, S. Psi, M, Psi.

 

Kata Kunci: konflik peran ganda, penilaian diri tentang produktivitas kerja, stres kerja

 

Perkembangan Industri yang terjadi telah membawa pergeseran yang sangat pesat dalam peran wanita. Pada masa lalu, tugas wanita hanya di rumah mengurus rumah tangga. Pada saat ini peran tersebut sudah bergeser. Kondisi perekonomian keluarga yang belum optimal, memaksa para wanita khususnya yang sudah berkeluarga untuk bekerja. Kondisi ini memunculkan fenomena wanita berperan ganda. Hal ini berpotensi memunculkan konflik pada wanita, karena setiap peran menuntut tanggung jawab yang berbeda. Hal tersebut memungkinkan terjadinya stres pada wanita yang memicu terjadinya masalah dalam perusahaan yang dapat menurunkan penilaian diri tentang produktivitas kerja.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui konflik peran ganda, (2) mengetahui penilaian diri tentang produktivitas kerja, (3) mengetahui stres kerja, (4) mengetahui hubungan antara konflik peran ganda terhadap stres kerja pada wanita karir, (5) mengetahui hubungan antara penilaian diri tentang produktivitas kerja terhadap stres kerja pada wanita karir, serta (6) mengetahui hubungan antara konflik peran ganda dan penilaian diri tentang produktivitas kerja terhadap stres kerja pada wanita karir.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 wanita karir di PT. Yamaha Musical Products Indonesia (PT. YMPI). Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa skala, yaitu skala konflik peran ganda (α=0,962), skala penilaian diri tentang produktivitas kerja (α=0,968) dan skala stres kerja (α=0,964).

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) sebanyak 51 subjek memiliki konflik peran ganda tinggi, (2) sebanyak 45 subjek memiliki penilaian diri tentang produktivitas kerja tinggi, (3) sebanyak 55 subjek memiliki stres kerja tinggi, (4) Terdapat hubungan searah yang signifikan antara konflik peran ganda terhadap stres kerja pada wanita karir (r=0,598;sig=0,00000046), (5) Penilaian diri tentang produktivitas kerja dan stres kerja pada wanita karir memiliki hubungan positif dan signifikan (r = 0,605;sig = 0,00000031), (6) Konflik peran ganda dan penilaian diri tentang produktivitas kerja memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap stres kerja pada wanita karir (R = 0,742;sig = 0,0000000001).

Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah: (1) Bagi wanita karir, mampu mengolah manajemen waktu, manajemen keluarga, manajemen pekerjaan, manajemen diri, (2 )bagi perusahaan, mengadakan training, rotasi, promosi terhadap karyawannya, (3) bagi peneliti selanjutnya, lebih memfokuskan data demografi yang ada dengan pemilihan sampel yang sesuai, perlu mengkaji self-management pada wanita karir, serta  mengkaji konflik peran ganda pada laki-laki yang berperan ganda sebagai kepala rumah tangga dan sebagai karyawan.