Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Narapidana Wanita Di Lapas Wanita Kelas IIA Malang

RIZKY SEGARAHAYU

Abstrak


ABSTRAK

 

Segarahayu, Rizky. 2011. Pengaruh Manajemen Stres Terhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Narapidana Wanita Di Lapas Wanita Kelas IIA Malang . Skripsi, Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti, M.Si  (II) Ninik Setiyowati S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci : Stres, Manajemen Stres, Narapidana Wanita

 

Ketika harus tinggal di Lembaga Pemasyarakatan, ruang gerak narapidana dibatasi dan mereka terisolasi dari masyarakat. Keadaan terbatasi dan terisolasi dapat menjadi stressor yang menyebabkan stres pada narapidana. Namun stres dapat ditangani dengan beberapa cara, salah satunya dengan menggunakan manajemen stres untuk mengurangi tingkat stress. Melalui manajemen stres individu dapat mengelola stres yang dimiliki sehingga dampak dari stres tersebut dapat diminimalisir.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen stres untuk menurunkan tingkat stres narapidana wanita di LPW Kelas IIA Malang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The One-Group Pretest-Posstest Design. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres. Subyek penelitian ini adalah narapidana wanita dengan rentang usia 20-30 tahun dengan total subyek 4 orang dengan kriteria: memiliki skor stres tinggi, narapidana baru pertama kali masuk penjara, dan telah menjalani masa tahanan min. 1 tahun, dimana subyek penelitian diberi treatment berupa manajemen stres selama 5 kali dengan teknik relaksasi dan affirmasi positif selama kurang lebih 2 jam. Analisis yang digunakan adalah uji wilcoxon.

Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan pemberian manajemen stres terhadap penurunan stres (diperoleh Asymp.Sign sebesar 0.068 dimana 0,068 > 0,05 = tidak signifikan). Kekurangan dalam penelitian ini adalah peneliti tidak dapat mengontrol waktu pemberian treatmen dan peneliti tidak dapat mengontrol subjek yang dropout. Disarankan untuk peneliti selanjutnya yang berminat mengkaji permasalahan yang sama yaitu tentang stres untuk menyempurnakan teknik yang digunakan atau memilih salah satu teknik sehingga dapat lebih fokus.