Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kasus Pola Asuh Keluarga Tunawisma Yang Orang Tuanya Mengalami Broken Home

Endang Dewi Galih Nur Rima

Abstrak


ABSTRAK

 

Rima, Endang Dewi Galih Nur. 2013. Studi Kasus Pola Asuh Keluarga Tunawisma Yang Orang Tuanya Mengalami Broken Home, Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Weni Utami, M. Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S. Psi, M. Psi.

 

Kata Kunci: pola asuh, tunawisma

 

Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berhubungan dengan anaknya, sikap ini dapat dilihat dari berbagai segi, antara lain dari cara orang tua memberikan peraturan kepada anak, cara memberikan hadiah dan hukuman, cara orang tua menunjukkan otoritas dan cara orang tua memberikan perhatian atau tanggapan terhadap keinginan anak. Gelandangan adalah orang yang tidak memiliki tempat tinggal juga secara yuridis formal orang tersebut tidak memiliki domisili secara sah dan teratur. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pola asuh dalam keluarga tunawisma yang orang tuanya mengalami broken home.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini dimulai dari tahap persiapan, tahap pengerjaan, dan tahap pelaporan.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, tipe pola asuh pada subjek A dan subjek D adalah tipe pola asuh ambigu. Hal ini dikarenakan subjek A dan subjek D memang membiarkan anak melakukan apa yang anak inginkan dan memperhatikan kebutuhan anak, namun masih menerapkan adanya hukuman pada anak. Kedua, tipe pola asuh pada subjek B dan subjek C adalah tipe pola asuh permasif. Hal ini dikarenakan subjek B dan subjek C membiarkan anak melakukan apa yang anak inginkan dan masih memperhatikan kebutuhan anak. Ketiga, tipe pola asuh yang ada pada pola pengasuhan keempat subjek dipengaruhi oleh trauma masa lalu, yaitu keluarga yang broken home dan sering dipukul apabila melakukan kesalahan.

Saran bagi subjek dalam penelitian adalah masa lalu tidak dijadikan sebagai patokan hidup. Dan bagi peneliti selanjutnya harap meneliti tentang kebiasaan gelandangan yang suka berganti-ganti pasangan, mengkonsumsi alkohol atau minuman keras dan obat-obatan dalam dosis yang berlebihan atau tidak sesuai dengan petunjuk penggunaan obat, serta melakukan hubungan seks bebas tanpa menggunakan pengaman atau memikirkan resiko yang akan dihadapi dari seks bebas itu sendiri.