Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mengingat Isi Cerita Pada Siswa Kelas 3 SDN 01 Sisir Kota Batu

Raffly As'ad Pahlevi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pahlevi, Raffly As’ad. 2013. Keefektifan Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mengingat Isi Cerita Pada Siswa Kelas 3 SDN 01 Sisir Kota Batu. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Endang Prastuti M.Si. (II) Ika A. Farida, S.Psi., M.Psi.

 

Kata kunci: Ilustrasi, kemampuan mengingat isi cerita

 

Berdasarkan studi Sumiani (dalam Rahmayana, 2012) pesan visual yang amat diminati siswa adalah gambar yang sederhana, praktis, dan mudah dimengerti. Sungguhpun demikian gambar yang disenangi oleh siswa tidak menjamin meningkatnya prestasi akademik mereka. Namun, memudahkan pembelajaran akan lebih menarik bagi mereka. Pembelajaran yang menarik akan menimbulkan motivasi belajar, apabila siswa termotivasi dalam belajar daya serap terhadap pembelajaran juga akan meningkat. Penelitian ini berusaha membuktikan pengaruh ilustrasi terhadap kemampuan mengingat isi cerita.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian Randomized Two – Group Design, Posttest Only. Desain ini menggunakan prinsip method of difference karena desain ini membuat dua kondisi (treatment) yang berbeda pada dua kelompok penelitian. Desain ini melakukan pengukuran sesudah (posttest) pemberian treatment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pemberian tes. Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SDN 01 Sisir, sejumlah 30 siswa. Subjek diminta menjawab soal tes, setelah mendapatkan skor kemudian dilakukan analisis data.

Berdasarkan hasil analisis data, nilai rata-rata kelompok ilustrasi berbasis information sebesar 12.33 sedangkan nilai rata-rata kelompok ilustrasi berbasis decoration 10.27. Hal ini berarti bahwa ilustrasi berbasis information lebih efektif meningkatkan kemampuan mengingat isi cerita dibandingkan dengan ilustrasi berbasis decoration. Berdasarkan uji-t didapatkan nilai equal variance not assumed 4.720 dengan signifikansi sebesar 0.000 dengan taraf signifikansi 5% atau 0.05, (p=0.000