Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Kegiatan Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Perilaku Agresi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Malang

Yeni Susilowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilowati, Yeni. 2013. Pengaruh Kegiatan Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Perilaku Agresi Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang. Pembimbing: (1) Dra. Endang Prastuti, M.Si, (II) Pravissi Shanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: kegiatan menulis pengalaman emosional, perilaku agresi, narapidana wanita

 

Narapidana adalah komunitas manusia yang memiliki tingkat kecemasan dan stress yang tinggi yang menjadikan mereka cenderung berperilaku agresif, sehingga mereka membutuhkan pelarian dari kecemasan dan stress agar terhindar dari kecenderungan berperilaku agresif. Karenanya untuk mengurangi adanya perilaku agresi narapidana diperlukan suatu teknik katarsis untuk meredakannya. Salah satu teknik katarsis perilaku agresi yang mudah dilakukan adalah dengan kegiatan menulis pengalaman emosional. Dalam kaitannya dengan menulis pengalaman emosinal, buku diari merupakan sarana yang tepat untuk menuangkan segala bentuk perasaan seseorang yang tidak bisa diungkapkan karena sifatnya lebih privasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menulis pengalaman emosional terhadap penurunan perilaku agresi narapidana wanita.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, dengan one group pre-test post-test design, dimana sampel yang digunakan sebelum dan setelah perlakuan adalah sama. Penelitian jenis ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Subyek penelitian ini yaitu narapidana wanita di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang yang memiliki perilaku agresi tinggi sebanyak 2 orang dan yang memiliki perilaku agresi sedang sebanyak 3 orang.

Instrumen penelitian berupa skala perilaku agresi yang dilengkapi dengan validitas dan reliabilitas instrumen, dengan hasil validitas 44 item valid dan memiliki reliabilitas yang tinggi sebesar 0,915. Perlakuan yang diberikan kepada subjek berupa kegiatan menulis pengalaman emosional dengan menggunakan media buku diari yang dilakukan dalam rentang waktu selama 5 hari berturut-turut. Teknik analisis data sebagai uji hipotesis yang digunakan adalah uji Wilcoxon Signed Rank Test (dua sampel berpasangan).

Hasil dari perhitungan dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan p (0,043) < dari ­ (0,05), yang artinya bahwa kegiatan menulis pengalaman emosional pengalaman emosional dengan media buku diari berpengaruh terhadap penurunan perilaku agresi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas IIA Malang.

Berdasarkan hasil temuan ini, disarankan bagi pihak lembaga pemasyarakatan, narapidana, dan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan hasil dan temuan penelitian ini sebagai alternatif teknik yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi perilaku agresi narapidana khususnya.