Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Dongeng Interaktif Untuk Meningkatkan Moral Judgement Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Ribut Krisfida

Abstrak


ABSTRAK

 

Krisfida, Ribut. 2013. Pengaruh Metode Dongeng Interaktif Untuk Meningkatkan Moral Judgement Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Anies Syafitri, S.Psi, M.Psi, (II) Indah Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata Kunci: dongeng interaktif, moral judgement, anak usia 5-6 tahun.

 

Pada masa ini anak-anak belum memiliki pandangan pertimbangan-pertimbangan tentang perbuatan benar dan salah. Anak-anak perlu dibimbing dan didampangi dalam mengembangkan konsep tentang pertimbangan moralnya. Dongeng sebagai media pembelajaran moral sangat sesuai dengan dunia anak yang bebas dan penuh imaginasi. Dongeng dapat menambah pengalaman anak untuk belajar moral dari cerita yang didongengkan. Berkaitan hal itu, maka diperlukan penelitian tentang dongeng interaktif untuk meningkatkan moral judgement tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode dongeng interaktif untuk meningkatkan moral judegment pada anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian nonrandomized pretest-posttest control group design. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah berupa wawancara semi terstruktur dengan cerita dilema-dilema moral. Penelitian ini adalah penelitian nonparametrik dengan subjek penelitian yaitu 20 subjek. Analisis data dilakukan dua kali yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis uji hipotesa. Analisis uji hipotesa menggunakan formula wilcoxon signed rank test dan uji eta.

Hasil uji wilcoxon signed rank test pada kelompok kontrol didapatkan nilai dengan signifikansi .088. Oleh karena itu signifikansi thitung  lebih dari 0,05 (sig >0,05), maka dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari mean skor pretest dan posttest  pada kelompok kontrol. Sementara itu, hasil uji wilcoxon signed rank test pada kelompok eksperimen didapatkan nilai dengan signifikansi 0,028. Oleh karena itu signifikansi thitung  kurang dari 0,05 (sig