Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KONSUMEN YAMAHA MIO DI TRENGGALEK

AEVYN SEKAR PERDANI

Abstrak


ABSTRAK

 

Perdani, Aevyn Sekar. 2013. Faktor-Faktor yang Melatar belakangi Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Yamaha Mio di Trenggalek. Skripsi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Fattah Hidayat, S.Psi,M. Si, (II) Drs. Mohammad Bisri, Msi

 

Kata Kunci: faktor-faktor,pengambilankeputusanpembelian, yamahamio

 

Penelitian mengenai keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk sepeda motor cukup banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan mendeskripsikan faktor-faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian pada konsumenYamaha Mio di Trenggalek, dan mengetahui besarnya sumbangan masing-masing faktor. Menganalisis faktor-faktor yang melatarbelakangi pertimbangan membeli Yamaha Mio akan membawa kepada faktor yang paling dominan diantara beberapa faktor lain. Perilaku konsumen merupakan suatu tindakan nyata konsumen yang dipengaruhi oleh faktor-faktor kejiwaan dan factor luar lainnya yang mengarahkan mereka untuk memilih dan mempergunakan barang atau jasa yang diinginkannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif.Variabel penelitian ini adalah 16 faktor yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian menurut (Engel et el,1995)pada konsumen Yamaha Mio.Penentuan objek penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Insidental Sampling.Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala yaitu skala Pengambilan keputusan pembelian Yamaha Mio.Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 konsumenYamaha Mio di Trenggalek.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan. Pertama, diketahui terdapat empat factor  yang melatarbelakangi pengambilan keputusan pembelian yang meliputi factor lingkungan dan budaya memberikan sumbangan 28,734%, factor pengetahuan memberikan sumbangan 16,100%, factor kemampuan dan kebutuhan memberikan sumbangan 11,047%, factor konsep diri memberikan sumbangan 8,060%.

Disarankan kepada konsumen jika ingin membeli alat transportasi hendaknya mempertimbangkan manfaat dan kebutuhan, kondisi keseharian dan keuangan serta saran dari keluarga dan kelompok referensi.Peneliti selanjutnya yang tertarik untuk meneliti topik yang sejenis, sebaiknya menggunakan subjek dengan latarbelakang sosiokultural yang berbeda, menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak, agar hasilnya dapat dibandingkan dengan penelitian ini.