Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kesadaran Hidup Sehat dan Self Management dengan Perilaku Sehat Mahasiswa Pecinta Alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang.

Dilla Ima Wati

Abstrak


ABSTRAK

 

Wati, Dilla Ima. 2013. Hubungan Antara Kesadaran Hidup Sehat dan Self Management dengan Perilaku Sehat Mahasiswa Pecinta Alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Moh. Irtadji, M.Si, (II) Indah Yasminum Suhanti, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: kesadaran hidup sehat, self management, perilaku sehat, mahasiswa pecinta alam

 

Faktor fisik merupakan salah satu modal bagi seorang pecinta alam. Fisik yang baik diperoleh dengan cara menjaga kesehatan. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang belum menunjukkan perilaku yang menjaga kesehatan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan pembahasan kesadaran hidup sehat, self management, dan perilaku sehat pada mahasiswa pecinta alam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesadaran hidup sehat, gambaran self management, gambaran perilaku sehat, dan hubungan antara ketiga variabel tersebut pada mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala yang terdiri dari skala kesadaran hidup sehat, skala self management, dan skala perilaku sehat.

Hasil penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, 52,5% mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang memiliki kesadaran hidup sehat yang tinggi. Kedua, 75% mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang memiliki self management yang baik. Ketiga, 58,75% mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang memiliki perilaku sehat yang tinggi. Keempat, terdapat hubungan antara kesadaran hidup sehat dan self management dengan perilaku sehat Mahasiswa Pecinta Alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang.

Saran dalam penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, unit kegiatan mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang diharapkan melakukan kampanye untuk meningkatkan perilaku sehat para anggotanya. Kedua, mahasiswa pecinta alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang diharapkan dapat berupaya untuk menjaga dan meningkatkan perilaku sehatnya agar memiliki fisik yang baik sehingga dapat melaksanakan kegiatan kepecintaalaman dengan baik. Ketiga, peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini yaitu dengan melakukan penelitian untuk mencari pengaruh ketiga variabel tersebut dan melakukan penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik self management untuk meningkatkan perilaku sehat.