Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Fanatisme terhadap Musik Rock dengan Perilaku Agresi pada Remaja

Alan Budi Kusuma

Abstrak


HUBUNGAN FANATISME TERHADAP MUSIK ROCK DENGAN PERILAKU AGRESI PADA REMAJA

Alan Budi Kusuma

Psikologi, Universitas Negeri Malang

Musik memiliki pengaruh yang penting bagi kehidupan manusia. Sedangkan Musik Rock sendiri adalah musik yang memiliki banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia. Banyak kalangan remaja yang sedang mencari jati diri dan menjadikan musik rock adalah sasaran untuk proses pencarian jati diri.

 Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara fanatisme terhadap musik rock dengan perilaku agresi pada remaja. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif korelasional. Penelitian ini adalah penelitian populasi. Subjek penelitian berjumlah 42 orang anggota Malang Rock Forum, dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah skala fanatisme terhadap musik rock, dan skala perilaku agresi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi product moment.

Hasil data dekriptif fanatisme music rock pada tingkat sedang yaitu 33 orang (78,6%), sedangkan pada perilaku agresi juga pada tingkat sedang yaitu 31 orang (73,8%). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara fanatisme terhadap musik rock dengan perilaku agresi pada remaja dengan skor korelasi sebesar 0,428 dengan signifikansi 0,005.

Disarankan kepada : (1)Bagi remaja hendaknya para remaja mampu memilah dan memilih karakteristik yang sesuai dengan proses pencarian jati dirinya, serta dapat membuka wawasan dan pengetahuannya agar tidak menunjukkan hal-hal yang dianggap keliru oleh masyarakat dan agar bisa sesuai dengan norma-norma yang berlaku saat ini, (2)Bagi komunitas di harapkan komunitas dapat mengkoordinasi anggota dan memberikan wawasan positif atau berkegiatan selain yang berhubungan dengan kegiatan komunitas,(3) bagi penikmat musik di harapkan penikmat musik lebih bisa menyikapi perkembangan musik secara positif (4) bagi peneliti agar peneliti lebih menunjukkan faktor-faktor lain yang memungkinkan yang mempengaruhi perilaku agresi selain fanatisme terhadap musik rock sehingga dapat memberikan hasil penelitian yang lebih baik.

 

Kata kunci: Fanatisme terhadap Musik Rock, Perilaku Agresi.

Alan Budi Kusuma adalah Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2008. Artikel ini diangkat dari Skripsi Sarjana Psikologi, Program Sarjana Universitas Negeri Malang