Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kasus Pola Kelekatan Pada Wanita Dengan HIV/AIDS Di Rumah Singgah Red Line Kota Malang

Yenika Putri Cahyandari

Abstrak


ABSTRAK

 

Cahyandari, Yenika Putri. 2012. Studi Kasus Pola Kelekatan Pada Wanita Dengan HIV/ AIDS Di Rumah Singgah Red Line Kota Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Tutut Chusniyah, M.Si.  (II) Drs. Moh. Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci : pola kelekatan, wanita, HIV/AIDS.

 

Pola kelekatan merupakan ikatan emosional yang terjadi antara ibu dan anak di masa kecil. Kegagalan membentuk kelekatan dengan ibu diyakini akan mengganggu perkembangan sosial di masa dewasa. Semakin bertambah dewasa individu memiliki tugas perkembangan yaitu menjalin hubungan yang lebih lekat kepada pasangan maupun sahabatnya, pola kelekatannya berubah karena faktor usia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti menggunakan metode pengambilan data wawancara, observasi dan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dengan pendekatan intra dan inter subyek serta triangulasi teknik dan sumber digunakan dalam pengecekan keabsahan data. Subyek dalam penelitian ini berjumah 4 orang yang merupakan wanita yang terinfeksi HIV/AIDS.

Temuan dalam penelitian ini, yakni setiap wanita dalam penelitian ini memiliki pola kelekatan yang berbeda antara satu subyek dengan subyek yang lain. Satu subyek masuk dalam kategori pola kelekatan takut- menghindar, satu subyek masuk dalam kategori pola kelekatan menolak, dan dua subyek dengan pola kelekatan aman. Terdapat dua subyek dengan pola kelekatan yang berubah, dari masa kecil ke masa dewasanya. Satu subyek mampu mengubah pola kelekatannya yang buruk menjadi lebih baik ketika dewasa sedangkan subyek yang satu justru pola kelekatan yang baik ketika masih kecil cenderung berubah menjadi buruk ketika menginjak masa dewasa.

Adapun saran yang dapat diajukan terkait dengan temuan dalam penelitian ini adalah subyek diharapkan mampu dan bisa mendorong dirinya sendiri untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik meskipun memiliki masa lalu yang traumatis. Peneliti lain diharapkan meneliti tentang pola kelekatan dengan subyek yang luas dan berbeda budaya agar mendapatkan hasil yang lebih bermanfaat dan menambah khasanah ilmu.