Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Motivasi Akademik, Kerentanan Terhadap Kebosanan, dan Prokrastinasi Akademik Penulisan Skripsi pada Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Anne Merry Lohonsedu

Abstrak


ABSTRAK

 

Lohonsedu, Anne Merry. 2012. Hubungan Antara Motivasi Akademik, Kerentanan terhadap Kebosanan, dan Prokrastinasi Akademik Penulisan Skripsi pada Mahasiswa di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Fattah Hanurawan, M.Si, M.Ed. (II) Ika Andrini Farida, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: motivasi akademik, kerentanan terhadap kebosanan, prokrastinasi akademik, penulisan skripsi

 

Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara motivasi akademik, kerentanan terhadap kebosanan, dan prokrastinasi akademik penulisan skripsi. Prokrastinasi akademik dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya motivasi dan kerentanan terhadap kebosanan. Motivasi akademik terdiri atas motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik dan amotivasi (Vallerand, dkk., 1992). Lima faktor konstruk skala kerentanan terhadap kebosanan (Boredom Proneness Scale) oleh Vodanovich & Kass (1999), yaitu stimulasi eksternal, stimulasi internal, respon afeksi, persepsi waktu, dan keterpaksaan.

Rancangan penelitian ialah deskriptif korelasional. Penelitian dilakukan pada 40 orang mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang mengerjakan skripsi, dengan teknik sampel purposif. Instrumen penelitian menggunakan skala Likert 5 poin untuk motivasi akademik, skala kerentanan terhadap kebosanan, dan skala prokrastinasi akademik penulisan skripsi.  Skala motivasi akademik terdiri atas 28 aitem dengan reliabilitas 0,914, skala kerentanan terhadap kebosanan terdiri 29 aitem dengan reliabilitas 0,895 dan prokrastinasi akademik penulisan skripsi sebanyak 45 aitem dengan reliabilitas 0,956. Teknik analisis terdiri dua tahap, yaitu korelasi parsial dan regresi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan: 1) motivasi akademik mahasiswa berada pada kategori tinggi, 2) kerentanan terhadap kebosanan sedang, 3) prokrastinasi akademik penulisan skripsi sedang, 4) hubungan antara motivasi akademik dan prokrastinasi akademik tidak signifikan, 5) hubungan kerentanan terhadap kebosanan dan prokrastinasi akademik memiliki hubungan yang signifikan dan searah, dan 6) hubungan bersama antara motivasi akademik dan kerentanan terhadap kebosanan dengan prokrastinasi akademik penulisan skripsi menunjukkan hubungan yang signifikan.

Saran berdasarkan hasil penelitian: 1) Bagi Mahasiswa, dengan membuat skala prioritas dan jadwal akademik, sehingga dapat lebih berfokus pada pengerjaan skripsi, 2) Bagi Fakultas, dengan mengumpulkan para mahasiswa yang belum menyelesaikan skripsinya sehingga dapat diberikan dorongan dan dukungan lebih bagi mereka; juga dengan menambah jumlah literatur dan buku-buku untuk menunjang mahasiswa dalam mengerjakan skripsi mereka, 4) Bagi Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperbaiki hal-hal yang masih kurang dari penelitian ini, khususnya persoalan teknis penelitian, agar didapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi.