Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Rica Kusdwiningtiyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Kusdwiningtiyas, Rica. 2012. Hubungan antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Anggota Paduan Suara Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Fattah Hidayat, S.Psi, M.Si, (II) Drs. H. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci: efikasi diri, motivasi belajar, paduan suara mahasiswa

 

Fenomena mahasiswa anggota Unit Kegiatan Mahasiswa yang menempuh masa kuliah melebihi masa perkuliahan normal, yaitu 3 tahun masa perkuliahan untuk jenjang Diploma 3 dan 4 tahun masa perkuliahan untuk jenjang Strata 1. Hal tersebut oleh peneliti dikaitan dengan bagaimana sebenarnya efikasi diri dan motivasi belajar dari mahasiswa itu sendiri, serta hubungan antara keduanya.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penskalaan likert dengan empat pilihan respon. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional dengan populasi mahasiswa anggota paduan suara mahasiswa berjumlah 134 dan sampel yang diambil peneliti berjumlah 50 subjek. Setelah dilakukan penyebaran skala didapati bahwa dari 50 skala yang disebarkan hanya kembali 44 skala, namun 44 skala yang kembali telah mencukupi untuk dilakukan analisis secara deskriptif maupun koresional.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa anggota paduan suara mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki efikasi diri yang sedang dan motivasi belajar mahasiswa anggota paduan suara mahasiswa Universitas Negeri Malang memiliki motivasi belajar yang sedang. Hasil analisis korelasional diperoleh r = 0,547 dengan p = 0,000 dan disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar.

Berdasarkan hasil tersebut adapun saran yang diajukan oleh peneliti, antara lain: (1) meningkatkan efikasi diri pengurus dengan mengadakan evaluasi berkala kegiatan dalam kurun waktu tertentu untuk dapat menyelesaikan masalah yang belum terpecahkan secara bersama dengan harapan dapat berusaha lebih keras dalam menjalankan perannya sebagai pelaku organisasi tanpa melupakan perannya sebagai mahasiswa, (2)membuat kelompok kecil dalam keanggotaan untuk menumbuhkan motivasi belajar dan kebiasaan belajar, serta (3)untuk menumbuhkan persaingan yang sehat di dalam kelompok paduan suara itu sendiri maupun di kelas kuliah, (4)perlunya dukungan dari senior kepada junior dalam hal kuliah maupun paduan suara, (5)kepada peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian sejenis dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi disertai pengembangan masalah dari sudut pandang yang berbeda