Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Renang Untuk Siswa Ekstrakurikuler Renang di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Faris Pratama Anggriawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggriawan, Faris Pratama. 2012. Pengembangan Buku Panduan Renang Untuk Siswa Ekstrakurikuler Renang di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Roesdiyanto, M. Kes, Pembimbing (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata kunci : pengembangan, buku panduan, ektrakurikuler renang.

Renang adalah suatu olahraga yang dilakukan di air, yang dilakukan dengan cara menggerakan anggota badan, mengapung di air, dan seluruh anggota badan bergerak dengan bebas. SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang adalah SMA yang terdapat di Kota Malang, tidak menutup kemungkinan mata pelajaran renang serta ekstrakurikuler renang akan diberikan oleh sekolah, dengan adanya pemberian materi dan praktik renang diharapkan siswa menguasai tehnik dasar dalam berenang dan mampu mengembangkan bakat serta minat dalam bidang renang. Untuk melengkapi komponen dalam kegiatan ekstrakurikuler renang, sudah seharusnya memanfaatkan buku panduan yang mampu mendukung pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler secara efektif dan efesien.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah menguji kelayakan pengembangan buku panduan renang yang akan digunakan untuk siswa ekstrakurikuler renang di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Buku panduan latihan renang ini yang nantinya dapat membantu siswa untuk memperoleh informasi tentang renang dan mempercepat proses pemahaman dalam mempelajari dasar-dasar tehnik berenang. Selanjutnya buku panduan yang dikembangkan diharapkan juga dapat menjadi bahan bacaan yang menarik bagi siswa, sehingga dapat memotivasi siswa dalam belajar renang.

 

Desain pengembangan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket kuesioner. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan  produk buku panduan yang dilakukan dalam penelitian ini hanya sampai pada uji kelompok kecil dan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Hal ini karena keterbatasan waktu untuk melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut. Dalam penelitian dan pengembangan ini ditetapkan jika hasil evaluasi uji coba terbatas mencapai 60% maka buku panduan ini secara keseluruhan dinyatakan layak.

 

Berdasarkan hasil  uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar), maka diperoleh bahwa produk pengembangan buku panduan renang untuk siswa ekstrakurikuler renang di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%, sehingga dapat digunakan.

 

Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa buku panduan yang mengemas metode latihan renang 4 gaya yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran dalam kegiatan ekstrakurikuler renang di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.

 

Dalam pengembangan yang lebih lanjut, peneliti memberi saran sebagai berikut: Sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas dari produk yang dikembangkan ini, karena hasil dari pengembangan ini masih terbatas sampai tersusun sebuah produk saja.