Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Perilaku Identifikasi Terhadap tokoh Idola dan Perilaku Konsumtif Remaja

Mutia Kintan Devisafitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Devisafitri, Mutia Kintan. 2012. Hubungan Antara Perilaku Identifikasi Terhadap tokoh Idola dan Perilaku Konsumtif Remaja. Skripsi, Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra Sri Weni Utami, M.Si (II) Ninik Setiyowati, S.Psi,, M.Psi

 

Kata Kunci:  Perilaku konsumtif, Perilaku Identifikasi, Tokoh Idola

 

Selama ini masyarakat banyak melakukan tindakan konsumtif yang sudah tidak terkendali. Tidak hanya pada orang dewasa, ternyata remaja justru lebih aktif dalam berperilaku konsumtif dalam keseharianya. Hal itu dikarenakan beberapa faktor. Perilaku identifikasi adalah perilaku untuk menjadi identik (sama) dengan orang lain. Hampir setiap orang memiliki sosok yang yang diidolakan. Kondisi tersebut wajar terjadi mengingat dalam kesehariannya, individu hampir tidak lepas dari media cetak dan elektronik yang menyuguhkan informasi aktifitas sehari-hari para idola tersebut, mulai dari kelahiran, kematian, pernikahan, perceraian, gaya hidup, sampai menyoroti barang-barang pribadi idola tersebut. gaya hidup tokoh idola yang identik dengan kemewahan tidak sesuai dengan masyarakat Indonesia diduga dapat mempengaruhi perilaku sesorang yang melihatnya melalui proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran remaja yang mengidentifikasi tokoh idola. (2) memperoleh gambaran mengenai perilaku konsumtif pada remaja (3) mengetahui hubungan antara identifikasi terhadap tokoh idola dengan perilaku konsumtif remaja.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskripsi korelasional. Subjek penelitian sebanyak 175 siswa pada SMA Yayasan Pupuk Kaltim Bontang dengan tehnik pengambilan sampel Random sampling. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner perilaku konsumtif remaja dan kuesioner perilaku identifikasi terhadap tokoh idola. Dalam penelitian ini perhitungan reliabilitas menggunakan menggunakan rumus Alpha cronbach dan validitas item menggunakan validitas konsistensi internal dengan tehnik korelasi Pearson. Perhitungan menggunakan bantuan SPSS. 17.0 for windows. Hasil pada kuesioner perilaku konsumtif remaja didapatkan reliabilitas sebesar 0,769. Pada kuesioner perilaku identifikasi terhadap tokoh idola didapatkan reliabilitas sebesar 0,738.

Hasil dari penelitian ini diperoleh (1) Perilaku identifikasi terhadap tokoh idola berada dalam kualifikasi tinggi (2%), Sedang (48%) dan Rendah (50%), (2) perilaku konsumtif remaja berada dalam kualifikasi tinggi (1%) pada kualifikasi sedang (66%) sedangkan pada kualifikasi rendah (33%) dan (3) dengan menggunakan korelasi pearson antara perilaku identifikasi terhadap tokoh idola dan perilaku konsumtif remaja memiliki rxy = 0,270 dengan signifikansi (0,000 < 0,05) hal ini menunjukan adanya hubungan positif antara perilaku identifikasi terhadap tokoh idola dan perilaku konsumtif remaja.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan: (1) Bagi remaja hendaknya lebih mengenali tokoh idola dengan tidak melakukan perilaku identifikasi secara asal-asalan. Lebih mengenali produk yang akan dikonsumsi sehingga tidak salah dalam melakukan pengambilan keputusan dalam melakukan pembelian. Lebih dapat melakukan pengendalian diri agar tidak mudah terpengaruh referensi group dalam hal tokoh idola yang menjadi model iklan suatu produk atau jasa (2) Bagi orang tua hendaknya lebih dapat menjadi panutan yang baik bagi anak dengan mengajarkan memanajemen keuangan dengan baik (3)  Bagi Peneliti selanjutnya diharapkan menggali lebih dalam mengenai bentuk identifikasi material, identifikasi idealist atau identifikasi formal yang menjadi penyebab terbesar perilaku konsumtif remaja.