Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang

Dellawaty Supraba

Abstrak


ABSTRAK

 

Supraba, Dellawaty, 2012. Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Fattah Hidayat, S.Psi., M.Si., (II) Drs. Mohammad Bisri, M.Si.

 

Kata Kunci : motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik.

 

Motivasi berprestasi merupakan dorongan untuk mengungguli, berprestasi sehubungan dengan seperangkat standar dan berusaha untuk mendapatkan keberhasilan.  Prokrastinasi akademik adalah suatu bentuk perilaku penundaan tugas akademik yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang, dengan melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan pengerjaan tugas-tugas akademik. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui motivasi berprestasi mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang; (2) mengetahui prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang; (3) mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang .

Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dan korelasional. Subjek penelitian ini adalah karyawan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang yang berjumlah 52 orang. Data diambil dengan menggunakan Skala Motivasi Berprestasi dan Skala Prokrastinasi Akademik. Teknik analisis data untuk melihat gambaran motivasi berprestasi dan prokrastinasi akademik adalah analisis deskriptif, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik adalah dengan analisis korelasi Product Moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang (rxy = -0,353, sig.= 0,010 < 0,05). Artinya semakin tinggi motivasi berprestasi mahasiswa tingkat akhir maka semakin rendah prokrastinasi akademiknya. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang cenderung memiliki motivasi berprestasi yang rendah. Sedangkan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada : (1) mahasiswa: memanfaatkan waktu dengan baik dan mengembangkan tanggung jawab pribadi karena berkaitan erat dengan motivasi berprestasi (2) universitas: menyelenggarakan program yang dapat menumbuhkan motivasi berprestasi seperti seminar mengenai bagaimana cara mengembangkan motivasi berprestasi dan memberi beasiswa kepada mahasiswa (3) peneliti selanjutnya: dapat mengembangkan penelitian dengan menggunakan faktor lain yang memiliki pengaruh sama dan lebih memperluas populasi penelitian yang digunakan.