Skripsi Jurusan Psikologi - Fakultas Pendidikan Psikologi UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN KONFORMITAS PADA AKTIVIS DAKWAH KAMPUS DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Syam Arom Nashihin

Abstrak


ABSTRAK

 

Nashihin, Syam Arom. 2012. Hubungan antara Harga Diri dengan Konformitas pada Aktivis Dakwah Kampus di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Weni Utami, M.Si, (II) Diyah Sulistiyorini, S.Psi, M.Psi.

 

Kata kunci: harga diri, konformitas, aktivis dakwah kampus.

 

Manusia dituntut untuk berperilaku konform terhadap norma yang berlaku dalam interaksi-interaksi sosial agar aktivitas sosial berjalan dengan harmonis. Dakwah kampus merupakan salah satu aktivitas sosial yang menuntut adanya konformitas aktivis dakwah kampus terhadap norma-norma lembaga dakwah kampus agar agenda dakwah berjalan dengan baik. Harga diri adalah salah satu karakter kepribadian yang mempengaruhi perilaku konformitas. Individu dengan harga diri tinggi cenderung untuk menolak konformitas dan independen.

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menggambarkan harga diri pada aktivis dakwah kampus Universitas Negeri Malang, (2) untuk menggambarkan konformitas pada aktivis dakwah kampus Universitas Negeri Malang, (3) untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan konformitas kelompok pada aktivis dakwah kampus di Universitas Negeri Malang. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan negatif antara harga diri dengan konformitas kelompok pada aktivis dakwah kampus di Universitas Negeri Malang.

Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah subyek 70 mahasiswa aktivis dakwah kampus di Universitas Negeri Malang. Teknik pengambilan data menggunakan skala harga diri yang diadaptasi dari Coopersmith Self-Esteem Inventory dan skala konformitas model Likert. Analisis korelasional dihitung dengan menggunakan teknik statistik product moment dari Pearson dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivis dakwah kampus di Universitas Negeri Malang memiliki harga diri yang sangat tinggi sebanyak 9 orang (12,85%), tinggi sebanyak 9 orang (12,85%), sedang sebanyak 32 orang (45,7%), rendah sebanyak 16 orang (22,85%), dan sangat rendah sebanyak 4 orang (5,7%). Sedangkan konformitas yang sangat tinggi sebanyak 5 orang (7,14%), tinggi sebanyak 20 orang (28,57%), sedang sebanyak 23 orang (32,85%), rendah sebanyak 16 orang (22,85%), dan sangat rendah sebanyak 6 orang (8,57%). Analisis korelasional menunjukkan hasil r xy = 0,417 dengan signifikansi = 0,000 (p < 0,001), hal tersebut berarti bahwa ada hubungan positif antara harga diri dan konformitas pada aktivis dakwah kampus di Universitas Negeri Malang.

Berdasarkan hasil di atas, diharapkan peneliti selanjutnya mampu mengembangkan penelitian ini dengan rancangan penelitian yang lebih bervariasi, misalnya dengan metode wawancara. Dan bagi aktivis dakwah kampus agar berusaha untuk terus mengembangkan dirinya dengan sikap positif pada diri sendiri dan mengintegrasikannya dengan perilaku sosial yang sehat demi kemajuan dakwah Islam di lingkup kampus.